TANPA koneksi INTERNET kita BISA menggunakan Gmail, Google Calendar and Docs

google_mail_gmail_offline_application

Google, siapa yang tidak kenal dengan nama ini. Dari sekian banyak aplikasi yang disediakan oleh Google, maka ada tiga aplikasi yang sangat populer yaitu Gmail, Google Calendar dan Google Docs. Ketiga aplikasi ini merupakan ‘web apps’ yang dapat diakses dimana saja, selama masih ada koneksi internet. Lalu apa jadinya bila kita ingin menggunakan salah satu dari aplikasi di atas, contohnya Gmail, sementara koneksi internet tidak ada? Jangan khawatir, sekarang Gmail, Google Calendar dan Docs sudah dapat akses tanpa adanya koneksi internet.

Gmail Offline adalah aplikasi Chrome Web Store yang digunakan pada saat kita hendak membaca, menjawab, menyusun dan mengarsipkan email tanpa koneksi internet. Aplikasi HTML5 yang bertenaga ini didasarkan pada aplikasi Gmail web app for tablets, yang dibangun agar dapat berfungsi dengan atau tanpa akses jaringan (web access). Setelah Gmail Offline aplikasi diinstal, maka pada saat kita kehilangan koneksi internet, kita masih tetap dapat menggunakan Gmail dengan meng-klik ikon Gmail Offline di halaman Chrome ‘new tab’. Aplikasi ini bisa kita dapatkan di Chrome Web Store.

Demikian juga dengan aplikasi Google Calendar (Kalendar) dan Google Docs. Pada saat offline di Google Calendar, kita bisa melihat peristiwa (events) di kalendar kita dan bahkan bisa melakukan undangan serta membuat perjanjian (appointments).

Hal yang sama juga bisa kita lakukan di Google Docs, dimana kita bisa melihat documents and spreadsheets tanpa koneksi internet. Untuk saat ini mengedit Google Docs secara offline belum tersedia, tapi Google menjanjikan akan bekerja keras untuk menyediakan ‘offline editing to Google Docs’ secepatnya. Untuk menggunakan Google Calendar atau Google Docs secara offline, kita tinggal klik ‘gear icon’ yang ada di ujung kanan atas dari web app dan pilih opsi untuk akses offline.

Jadi sekarang kita masih tetap bisa menggunakan Gmail, Google Calendar dan Docs dimana saja dan kapan saja, tanpa koneksi internet alias offline. Well done Google!

TELANJANG di Google BODY Browser

picture: google.com

2 komentar:

Return to My Blogg said...

It can be try.. GOod application

Zippy said...

Tapi ujung2nya tetep aja butuh koneksi internet untuk bisa ngirim email, wkwkwkw.... :D
Ntar saya coba deh bang :D