23 February 2011

VANCOUVER kembali TERPILIH menjadi KOTA yang paling layak DIHUNI di DUNIA

vancouver_kota_paling_layak_dihuni_di_dunia_2010

Menurut indeks tahunan terbaru yang diterbitkan oleh Economist Intelligence Unit (EIU), maka kota Vancouver di Bristish Columbia, terpilih lagi menjadi kota yang paling layak dihuni di dunia. Economist Intelligence Unit adalah lembaga riset terkemuka di dunia yang didirikan tahun 1946, yang melakukan riset (analisis) terhadap satu negara ataupun industri dengan lebih dari 40 kantor di seluruh dunia. Hasil yang diperoleh oleh Vancouver - kota yang terletak di pantai barat Kanada dan merupakan tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2010 – adalah hasil yang tidak berubah selama lima tahun terakhir berturut-turut.

Parameter yang digunakan oleh EIU dalam menentukan kota yang paling layak ditempati, meliputi 30 faktor dalam 5 kategori yang mencakup:

  • Stabilitas dan keamanan (stability/security)
  • Layanan kesehatan (health-care)
  • Budaya (culture)
  • Lingkungan (environment)
  • Pendidikan (education)
  • Infrastruktur (infrastructure)

Hasil survei kota terlayak dihuni di dunia 2010 ini memiliki rating/nilai dari 0-100, di mana 1 adalah tidak layak (intolerable) dan 100 sangat ideal (ideal).

Selain Vancouver, maka dua kota di Canada lainnya yaitu Toronto dan Calgary, juga berada di 5 besar ranking kota paling layak didiami. Menurut Jon Copestake – editor dari EIU – kota yang berukuran sedang dengan densitas populasi yang rendah cenderung dapat menyediakan manfaat budaya dan infrastruktur, serta dengan sedikit masalah yang berhubungan dengan kejahatan.

vancouver_city_kota_paling_layak_ditempati_di_dunia_2010 Sementara itu, kota Harare (ibukota Zimbabwe) berada di urutan paling bawah dan menjadi kota yang paling tidak layak dihuni (140), dan kota Dhaka (Bangladesh) berada satu tingkat di atasnya (139). Berikut ini adalah daftar kota yang paling layak dihuni di seluruh dunia 2010, menurut ranking Economist Intelligence Unit (EIU):

Vancouver – 98.0
Vienna – 97.0
Melbourne – 97.5
Toronto – 97.2
Calgary – 96.6
Helsinki – 96.2
Sydney – 96.1
Perth – 95.9
Adelaide – 95.9
Auckland - 95.7

Sumber: economist.com / digitaljournal.com

Artikel Terkait, Silahkan Dibaca:

2 komentar:

BeeMouNTaiN said...

kok indonesia gak masuk ya bang? mungkinkah suhu politik menjadi pertimbangan?

Susi said...

Yap, Suatu hari aku ingin menikmati masa pensiun di Canada karena kota2nya yang sangat bersih dari polusi.