Isu kiamat 2012 : boleh percaya boleh tidak

isu_kiamat_2012

Saat ini selain kasus cicak dan buaya yang kelihatannya sudah mulai kehilangan penggemar, maka tema yang mulai sering dibicarakan adalah mengenai isu kiamat 2012. Di internet juga tengah dibanjiri tulisan mengenai kiamat 2012, bahkan di Google Trend terlihat adanya peningkatan pencarian informasi mengenai isu kiamat 2012. Apakah tahun 2012 akan menjadi akhir dari peradaban manusia alias akan terjadi kiamat (end of the world) atau hanya sekedar menjadi isu?

Heboh isu kiamat 2012 diduga dimulai berdasarkan prediksi suku Maya yang pernah hidup di selatan Meksiko atau Guatemala yang memprediksi tentang kiamat yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012. Di manuskrip suku Maya itu disebutkan pada tanggal di atas akan muncul gelombang galaksi yang besar sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini. Lalu ada juga yang menyebutkan ada sebuah planet yang bernama planet Nibiru yang memiliki garis orbit sangat elips, sehingga tidak pernah ditemukan karena pergi berkelana di tempat yang jauh, akan menabrak planet bumi, sehingga terjadilah kiamat. Dan itu terjadi di tahun 2012.

Menurut Bambang S Tedjasukmana - Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) – menanggapi isu kiamat 2012, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975. Dijelaskan, badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik. Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti.

Berdasarkan hal di atas, apakah kiamat akan terjadi di tahun 2012? Menurut saya, soal kapan terjadinya kiamat hanya Tuhan yang mengetahui. Betul bahwa, bumi yang kita diami ini memang sudah tua, es yang ada di kutub sudah banyak yang mencair, lubang ozon di beberapa area sudah semakin membesar, perubahan iklim terjadi, bencana, gempa bumi, banjir dan lain-lain semakin sering terjadi. Apakah ini tanda-tanda kiamat 2012?

Yang pasti industri film Holywood paling jago memanfaatkan isu kiamat 2012 ini yakni dengan meluncurkan film tentang kiamat dengan judul ‘2012’. Naluri bisnis mereka emang top markotop serta hidung mereka paling tajam mengendus aroma uang. Oya satu lagi, kalau ngga salah, tanggal 21 Desember 2012 – bisa kita tulis 21122012 - jatuh di hari Jumat. Apakah ini memiliki arti? Boleh percaya boleh tidak.

Apakah kiamat akan seperti ini?
Sumber metacafe.com

dari beberapa sumber | gambar:google.com

35 komentar:

Sudino Dinoe said...

Mudah-mudahan ramalan itu tdk benar, dan yg paling penting kita tetap melaksakan semua kewajiban sbg makluk Tuhan. Serahkan pada NYA hanya Tuhan yg tau , benar nggak bang?

Sudino Dinoe said...

Ola-la... Pertamaxx rupanya saya

Dinotakim said...

Mudah-mudah kiamat itu tidak terjadi ya bang

lina@happy family said...

Dalam hati kecil, saya berharap tidak mengalami kiamat, biarlah saya menghadap padaNya dengan jalan yang damai dan tenang...
Ini sepenuhnya urusan Tuhan!

heru said...

pasrah aja sobat, karna semuanya kembali pada allah

blog buat bisnis said...

Sebagai orang yang beriman dan bertaqwa, iman kepada hari kiamat adalah wajib hukumnya.

tentang kiamat pada tahun 2012 adalah sebuah teguran kecil kepada kita agar selalu mengingat-Nya, karena tidak tertutup kemungkinan akan adanya kiamat kecil yang akan terjadi pada diri kita masing-masing.

Namun sebagai manusia, pastinya wajar jika perasaan takut itu ada, berarti memang kita harus mempersiapkan datangnya ajal kita dengan sesempurna mungkin dengan membawa amalan yang banyak untuk menghadap Sang Khalik..

insan said...

2012 ada kemungkinan. 2011 juga mungkin..besok???siapa yg tahu..
Ah, mudah2an kita ikhlas dalam menghadapi apapun kehendakNya..

Trims infonya mas

jhonson blog said...

kalau soal ramalan suku maya dan sebagainya saya sama sekali tidak percaya.

kalau memang allah menghendaki kiamat maka saat ini juga akan kiamat tdk perlu tunggu 2012.dan allah pastinya tidak akan memberitahukan kepada umatnya kapan ,jam berapa,dan tanggal berapa akan kiamat toh???.

hanya org yg tidak percaya adanya allah yg percaya akan ramalan suku maya itu :).

mengenai planet nibiru akan menabrak bumi,saya pikir itu mustahil akan terrealisasi :).

apakah selama ini tidak banyak planet/meteorid yg mengancam bumi??,kenapa tidak pernah ada yg takut atau serius seperti ini membahasnya??,apakah selama ini jutaan meteorid dlm ukuran yg bervariasi yg selalu mengarah ke bumi tidak membuat takut kita?,malah skrg org koq pada khawatir sama planet nibiru...hehehehhe :)

btw,good posting...i like it,wish you always success :)

Swara Iklan said...

Setuju dengan koment bung Jhonson blog.. Hanya yang diatas yang tahu semua itu ^_^ ...

taris said...

Kapan terjadinya kiamat itu adalah rahasia Allah, sebagai orang beriman kita wajib meyakini akan terjadinya kiamat. Dari pada mencemaskan isu kiamat 2012 lebih baik memperbanyak amal ibadah dan bertobat.

javabis99 | Bisnis n Hobby Blog said...

betul hanya Allah yang tahu hari kiamat. tapi posting bermanfaat jg. sukses sobat.

rudis said...

yang penting kita sedini mungkin untuk pasrah kepadanya karena dialah yang maha tahu segalanya

Manchester United Indonesia said...

Knp gak pas pada tgl 20-12-2012 aja ya? kan lebih bagus angkanya ketimbang 21-12-2012. Tapi, aq tetap gak percaya. Semuanya diserahkan pada yg "di atas" aja...

putra said...

Setuja !! Hanya Allah lah yang mengetahui nya ,,
Kita hanya bisa berjaga jaga ..
Nice posting Om ,

Setiawan Tirta Wijaya said...

Mudh2an cm khayalan, Materi Kuliah

secangkir teh dan sekerat roti said...

ramalan tidak ada yang benar,, jadi... gak ada kiamat 2012...

andi wong said...

2012..wadoooh sob..gw masi byk dosa nih... kalo kagak salah gw udah baca juga ramalan suku maya ini di kompas.com.. :-)

masterGOmaster said...

waallahuallam...segalanya aku pasrahkan sama allah.manusia hanya memprediksi tuhan yang menentukan

sanman said...

Menurut para ahli juga, katanya meski efek yang ditimbulkan dari ledakan pada patahari (flare) 66x lebih besar dari bom atom, tapi tidak akan sampai menghancurkan bumi sampai berkeping2.

Ingat jarak matahari ke bumi berapa?
tidak mungkin bongkahan bola2 api bisa sampai ke bumi. Yang sampai pasti hanya efek gelombang makronya, sehingga akan membuat suhu permukaan bumi rata2 akan semakin memanas (kerak bumi).

Maka dari itu, untuk mencegah agar bumi tidak "meledak" akibat terlalu panas, perbanyaklah menanam pohon, kurangi gas emisi/gas buang, agar ozon dapat bertahan nantinya pas tahun 2012. Untuk es dikutub, kalau bisa, untuk menahan laju pernjairan es, langkah ekstrim sebaiknya dilakukan, seperti pemberian es buatan + garam, agar es dapat bertahan disana.

ok!itu saja kalo menurut aku...

Jatmiko Dwi Antoro said...

Kiamat tidak ada yang dapat memprediksi hanya Tuhan yang tahu kapan kiamat datang

arumsekartaji said...

Selagi masih diberi napas oleh Tuhan alangkah baiknya kita segera bertobat dengan banyak beribadah,mohon ampun atas khilaf dan salah baik dosa kepada sesama dan tentunya kepada Pemilik Alam Semesta Jagat Raya ini.Serahkan hal itu kepada-Nya.

nada said...

mudah2nan tidak terjadi apa2 bang
indonesia blom maju

Pasang Iklan said...

ramalana tentang kiamat yang akan datang pada 21 desember 2012 memang sedang hangat2nya dibicarakan dimedia cetak dan elektronik
bahkan film tentang kiamat 2012 pun sudah ditayangkan diseluruh dunian,bahkan di indonesiapun sudah ditayangkan...

percaya pada hari kiamat memang telah tertulis dalam rukun iman
tapi kita yang hanya manusia biasa tidak akan pernah tau apan hari iamat itu akan datang...
entah itu hari ini, esok atau kapan pun.
jika Allah telah berkehendak.
maka terjadilah... "kunfayakun"

kita sebagai umat yang beragama tentunya jangan mudah percaya dengan hal2 semacam ini
semoga saja isu ini bisa hilang dengan sendirinya.


Iklan

HoneyBUZZin said...

Hanya Tuhan sahaja yang mengetahui segalanya.....

hanum said...

yup.. silahkan mau percaya, tidak memaksa tapi bisa dijadikan suatu pemikiran untuk lebih dekat kepada Tuhan ^_^

soff-tis said...

banyak-banyak berdoa semoga kita semua selalu berada di jalan-NYA.

reni said...

Kiamat adalah rahasiaNYA. Kita hanya wajib meyakininya. Maka, sudah sepantasnya kita menabung amal kebajikan untuk menyambut datangnya saat itu. Setuju Bang..?

GoenduL.Net said...

Don't easy to believe with any predictions. Only believe in our faith...

budi said...

isu tersebut membuktikan, bahwa keberadaan manusia sangat rapuh, nggak beda dengan ikan yang hidup di kolam,hanya bisa berharap dan berdoa agar airnya tidak kering.

andy said...

Penangggalan Bangsa Maya itu bakal habis pada 21-12-2012.. Setelah itu bakal kembali ke nol.. Bisa jadi merupakan awal dari sesuatu yang baru..

Herdoni Wahyono said...

"Isu Kiamat 2012" saat ini lagi hangat dibicarakan di internet. Terlepas dari pro dan kontra tentang isu tersebut, apabila manuskrip tersebut otentik dan tidak direkayasa, prediksi suku Maya tersebut menjadi kajian dan bahan penelitian yang sangat menarik bagi ilmuwan.

szack said...

terlalu dangkal apabila hanya dari sebuah manuscript atau apapun namanya diramalkan sebagai akhir dari dunia, apalagi tanggal nya dipastikan 21122012, tidak masuk akal sepintar apapun manusia bsa meramalkan kejadian KIAMAT yang kitab suci saja hanya memberikan tanda-tanda tersirat.

jadi, biarkan saja isu tersebut menjadi sebuah wacana boss, namun yang jelas film 2012 menembus box office Hollywood karena isu yang semakin menggelinding efek bola salju

dilarang melarang said...

jangan percaya deh...
tapi ga apa2 ada isu kiamat 2012 supaya manusia tidak takabur dan lebih mengingat tuhan...

Tantono said...

Yang tahu kapan saatnya hanyalah Tuhan...

YOGYAKARTA said...

wow this really good blog content