6 Jenis WARNA dan Bentuk KUKU untuk mendeteksi PENYAKIT

kuku_warna_bentuk_deteksi_penyakit

Secara kimia, kuku sama dengan rambut, yaitu terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku jari tangan bertumbuh rata-rata 0.5 – 1.5 mm per minggu, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Kuku lebih cepat panjang pada musim panas dan lebih lambat pada musim dingin. Kuku juga merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya yang sangat sedikit. Beberapa penelitian menyebutkan, warna dan bentuk kuku dapat dijadikan alternatif untuk mendeteksi penyakit apa yang sedang kita derita, sebelum kita berkunjung ke dokter.

Di bagian bawah dari kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Kuku memerlukan nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya. Kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, maka pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh. Berikut ini adalah warna dan bentuk kuku untuk melihat suatu penyakit yang bersarang dalam tubuh kita:

1. Warna kuku kebiruan

Kuku berwarna kebiruan menandakan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal ini menandakan adanya infeksi di paru-paru seperti pneumonia. Kalau warna kebiruan ini hanya ada di ujung bawah kuku, bisa juga sebagai gejala diabetes.

2. Warna kuku dengan garis hitam

Jika di kuku kita ada warna dengan garis hitam, maka segera lakukan pemeriksaan. Hal ini terkait dengan gejala melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit dari jenis paling berbahaya.

3. Bentuk kuku bengkak dan terlipat

Apabila kulit di sekitar kuku terlihat merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan yang menandakan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat.

4. Warna kuku putih

Kita harus berhati-hati manakala warna kuku kita cenderung putih dengan pinggiran yang lebih gelap, karena mengindikasikan adanya masalah pada hati seperti hepatitis.

5. Warna kuku pucat

Seringkali, kuku berwarna pucat atau cenderung berwarna putih dihubungkan dengan penuaan. Disebutkan ada empat macam penyakit serius dari kuku berwarna pucat, yaitu: gagal jantung, anemia, gizi buruk dan pengidap penyakit hati.

6. Warna kuku kuning

Bukan hanya gigi yang berwarna kuning, tapi kuku juga bisa memiliki warna kuning. Penyebab utama dari kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Jangan sepelekan kuku kuning, karena bisa jadi menunjukkan kondisi lebih serius seperti tiroid parah, paru-paru, diabetes atau psoriasis.

Selain keenam warna dan bentuk kuku di atas, yang dapat digunakan untuk mendiagnosa suatu penyakit, maka ada satu lagi yang perlu diperhatikan. Kalau warna kuku agak kehitaman, terutama di bagian ujungnya, maka ini menandakan si pemilik kuku jorok, jarang merawat kuku, suka ngupil dan mungkin jarang mandi…hehehe.

Kenalilah 5 tanda-tanda PENTING gejala SERANGAN JANTUNG

gambar: google.com / diolah dari berbagai sumber

1 komentar:

Susindra said...

Haha... ada2 saja endingnya.
memang dari dulu Susi memperhatikan warna kuku karena setiap ada yg tidak sehat, warna kukunya jadi suram atau agak kuning.