Tips: Rutin Konsumsi Telur Mencegah Diabetes Tipe 2

konsumsi telur cegag diabetes
Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Ada 2 jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu: 

Diabetes tipe 1
Suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak & remaja.


Diabetes tipe 2
Terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.

Apakah akibatnya jika kita tidak mengontrol gula darah? Efeknya sangat tidak baik, misal akan mengalami komplikasi jangka panjang, seperti stroke, penyakit jantung, kebutaan, gagal ginjal, penyakit pada pembuluh darah dan kerusakan syaraf sehingga dapat menyebabkan amputasi pada anggota tubuh dan pada pria dapat terjadi gangguan ereksi.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Pola hidup yang tidak sehat dan menyantap makanan yang sembarangan merupakan penyebab dari munculnya penyakit diabetes tipe 2.

Untuk menjaga pola hidup sehat dapat diatur dengan membatasi asupan makanan yang manis dan berlemak, serta olahraga teratur. Berdasarkan studi terbaru pada kasus diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan rutin konsumsi telur. Menurut peneliti dari Skandinavia disebutkan orang yang mengkonsumsi empat telur per minggu memiliki 37 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibanding orang yang hanya konsumsi satu telur per minggu.

Selain itu penelitian di American Journal of Clinical Nutrition juga mengatakan bahwa, "Konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah. Namun, konsumsi telur lebih dari empat kali dalam seminggu adalah hal yang tidak disarankan. Karena belum tentu memberikan hasil yang signifikan."

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh University of Eastern Finland justru menilai telur adalah makanan yang tinggi kolesterol sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Namun, menurut Profesor Jyrki Virtanen dari Epidemiologi Gizi Universitas Eastern Finlandia, tidak ada bukti yang kuat untuk itu. Selain telur, peneliti juga menemukan bahwa konsumsi makanan seperti susu tinggi lemak, seperti yogurt dan keju juga dapat mengurangi risiko diabetes.

Memang masih banyak perbedaan pendapat tentang teori ini. Akan tetapi para peneliti menyebutkan jika populasi orang yang sering mengkonsumsi telur di Finlandia pada umumnya juga memiliki gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, rajin berolahraga, serta aktif secara fisik. Dengan kata lain, maka telur bukan satu-satunya faktor yang mencegah diabetes, kita juga harus mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat dan aktif.
arrow_down_thumb5B15D1_thumb1
Bio Spray MSI.jpg

0 komentar: