7 Khasiat Mentimun untuk Kesehatan

khasiat timunMentimun atau timun (Cucumis sativus) adalah sejenis buah tumbuhan yang dimakan sebagai sayur-sayuran dan telah ditanam sebagai makanan sejak 3000 tahun lalu. Timun juga dikenal sebagai salah satu sayuran baik untuk kesehatan dan dapat dimakan secara mentah atau juga dalam masakan.
Timun mengandung 0.65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2.2%. Selain itu timun juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.
1. Menyegarkan mulut
Mentimun berkhasiat untuk menyembuhkan dan menyegarkan gusi yang sakit. Iris mentimun dan tekankan ke langit-langit mulut dengan lidah selama setengah menit, atau dapat mengunyahnya. Kandungan phytochemcials timun akan membunuh bakteri di mulut Anda yang menyebabkan bau mulut.

2. Mengatasi kekurangan cairan tubuh
Manfaat lain dari timun adalah saat Anda terlalu sibuk minum cukup air, konsumsilah mentimun dingin, karena mentimun mengandung 90 persen air. Ini akan mengompensasi cairan tubuh yang hilang.
3. Membantu menyembuhkan diabetes dan mengurangi kadar kolesterol
Para peneliti telah menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mentimun mengandung banyak serat, kalium dan magnesium. Nutrisi ini bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Itulah mengapa mentimun berkhasiat untuk mengobati darah tinggi dan tekanan darah rendah.
4. Menghilangkan racun
Air yang terdapat di mentimun dapat bertindak sebagai sapu virtual dengan menyapu produk-produk limbah di tubuh Anda. Dengan makan teratur, mentimun berfaedah untuk melarutkan batu ginjal.
5. Mengisi ulang vitamin harian
Mentimun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Vitamin A,B dan C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh membuat Anda bersinar dan memberi Anda energi. Anda  lebih kuat dengan jus mentimun dengan bayam dan wortel. Jangan membuang  kulit mentimun karena mengandung sejumlah vitamin C. Kandungan vitamin C mentimun sekitar 12 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan
6. Membantu pencernaan dan penurunan berat badan
Mentimun merupakan sumber ideal untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan timun mengandung air yang tinggi dan rendah kalori. Gunakan mentimun dalam sup dan salad. Jadikan timun sebagai camilan favorit Anda. Mengunyah mentimun memberikan rahang Anda latihan yang baik, dan serat di dalamnya sangat bagus untuk pencernaan. Konsumsi harian mentimun dapat dianggap sebagai bantuan untuk sembelit kronis.
7. Mencegah  kanker
Ketiga zat yang terdapat di timun yaitu secoisolariciresinol, lariciresinol dan pinoresinol memiliki hubungan yang kuat dan berkhasiat dalam penurunan risiko beberapa jenis kankerkanker termasuk ovarium, payudara, prostat dan kanker rahim.

2 komentar:

apotek said...

mentimun itu murah,,seger dan saya suka sekali.
apalagi setelah ada artikel ini makin cinta deh :)

anak nelayan said...

sudah lama gk main kesini
makasih infonya bos