Sandbox dan artikel yang menghilang dari halaman Google

google_sandbox

Apakah anda pernah mengalami postingan atau artikel anda menghilang dari halaman Google (SERP) padahal sebelumnya artikel tersebut sudah muncul katakanlah di halaman pertama dengan keyword tertentu? Itu yang saya alami. Salah satu artikel saya menghilang, bahkan dari hasil search url posting muncul kalimat yang tak mengenakan : “penelusuran Anda – site:http://budiawan-hutasoit.blogspot.com/bla bla (judul artikel) – tak cocok dengan dokumen manapun”. Padahal sebelumnya artikel itu muncul di halaman pertama dengan keyword ‘apple corporation’ dari sekian puluh juta hasil pencarian. Masih untung hanya artikel, bagaimana jika domain/url site kita yang hilang?

Apa yang menyebabkan hal di atas? Dari hasil googling serta tanya tetangga kanan kiri, maka kebanyakan dari mereka bilang kalau artikel/blog/website tersebut menghilang dari halaman Google (SERP) karna dimasukkan ke kotak pasir alias Sandbox. Lalu kenapa bisa dihukum dan masuk ke Sandbox? Apakah artikel tersebut telah melanggar UU ITE 2008? :-)

Sebelumnya, apakah Sandbox itu? Beberapa orang menyebutkan, kalau Sandbox bukanlah istilah resmi yang dikenalkan Google, tapi istilah ini dimunculkan oleh webmaster/seo-er untuk menggambarkan sebuah fenomena bagaimana sukarnya satu situs/domain baru menempatkan halaman-halamannya pada posisi atas di hasil pencarian Google. Kenapa bisa diparkir di Sandbox? Katanya hal ini merupakan salah satu upaya dari Google untuk mengurangi spam atau bisa juga sebagai tempat menahan isi web/blog yang dicurigai menggunakan teknik seo blackhat.

Beberapa sumber juga menyebutkan artikel/web/situs menghilang dan masuk ke Sandbox karna dicurigai melakukan manipulasi SEO untuk mendapatkan ranking teratas  dengan cara-cara seperti : melakukan optimasi berlebihan dengan cara membangun banyak backlink dalam waktu relatif singkat, submit/ping artikel berulang-ulang, melakukan spam indexing (pasang iklan baris otomatis), density keyword (kata kunci) di atas normal dan lain-lain.

Yang membuat saya bingung adalah saya tidak ada melakukan hal-hal yang disebutkan di atas. Submit artikel juga paling-paling ke infogue atau lintasberita dan beberapa social bookmark lainnnya, itupun cukup sekali tidak pernah berulang-ulang. Entah kenapa Google dengan kejamnya menghilangkan artikel saya dari SERP.

Lalu bagaimana caranya bisa keluar dari Sandbox? Ada yang bilang tunggu saja sampai Google berbaik hati memunculkan kembali artikel yang hilang itu. Mengenai waktunya kapan, tidak ada yang tau. Ada juga yang bilang, untuk mengirim/submit kembali artikel tersebut dengan link yang baru. Repot juga ya, tapi yang pasti kita tidak menyuap om gugel supaya artikelnya muncul lagi.

Oya, untuk mengetahui apakah artikel kita masuk sandbox atau tidak adalah dengan cara search url posting. Contoh :

site:http://budiawan-hutasoit.blogspot.com/2009/10/pertamina-kerja-keras-adalah-energi.html

apabila di searching url posting di atas masih mendapatkan hasil, maka bersyukurlah anda, karena artikel itu masih ada di halaman index Google. Tapi jika tidak ada, maka dapat dipastikan sudah diparkir di Sandbox. Atau berharap sambil menghibur diri, mudah-mudahan hanya menghilang sesaat lalu muncul kembali.

Jika ada teman-teman blogger yang bisa memberikan tips bagaimana caranya memunculkan artikel yang menghilang dari halaman Google, mohon kiranya di-share ya.

Picture:wfnx.com

43 komentar:

taris said...

wah baru tahu nih mas dengan istilah sandbox.
Jadi teknik SEO yg berlebihan malah menyebabkan artikel hilang ya

Nice info.. thank's

Alphawave said...

sama.. ane juga baru tau bang... nais impoh bang.. thanks

a2i3s said...

jangan sampai deh domain yg kena sandbox, bisa2 dapur ga ngebul, hehehehe...

Thanks infonya bang Bud.

blog buat bisnis said...

sandbox...oh sandbox...kenapa namanya musti sandbox sih...?..


terus terang, saya ikut berduka Bang atas menghilangnya artikel Abang.

Mungkin Google lagi stress barangkali, jadi agak senewen...mudah-mudahan beliau lekas sembuh dan mau berbaik hati mengembalikan artikel Abang,..semoga

Zippy said...

Kalo saya udah beberapa kali tu bang...
Awal'x ke index, eh..besok2 ngilang.
Tp tenang aja bang, ntar balik lagi kok...
Punya saya sih gt, tp gak tau punya abang :D

anita said...

wahh kalau yg beginian gw kurang ngerti...makasih infonya :)

xander said...

wahhh dah sampe ke sandbox ga ngerti aku bang
masih belajar seo aku
jadi lom tau apa itu sandbox

Manchester United Indonesia said...

Untung belum pernah bang... biarpun posting ttg kontes, tapi Google tetap baik hati mengindeksnya... he3x

budi said...

pernah juga terjadi di blog saya juga. thank infonya mas Budiawan

Anonymous said...

blog saya juga pernah tuh mas..
lumayan lama.
mulai januari 2008 hingga sekitar bulan maert-april 2008.
prediksi saya sih gara gara terlalu banyak melakukan postingan (sehari mencapai 20 an, hehe)
itu malah alamat blog saya yang hilang total dari peredaran.
awal awal sih sempet stres, tapi lama lama masa bodo, toh kalau emang blog kita berguna, google bakal berbaik hati wat membuka akses kembali.


tetep diurus blognya. ntar bakal kembali lagi kok.

yang sabar ya ^ ^

Ridwanox said...

yup mungkin karena google dance ya :D

artiirhamna said...

Yaaa....
berarti saya mengalami sandbox dunk!!
ketika mengetik judul artikel atau keyword blog saya (artiirhamna) maka sama sekali tidak muncul di no. pertama!!

Waah.. bagaiamna y menindak lanjutinya??

soff-tis said...

selamat malam Bang,saya sudah lama nggak denger kabar ada bloger yang artiklenya hilang dimasukan ke sand box lagi.ini sudah lama sering terjadi tapi akhir-akhir ini adem ayem saja dan ini saya baru denger lagi dari Abang,ehmm google berulah lagi nih....ya ikut sedih deh Bang......tapi tetep semangat dong.^_^

Reni said...

Baru tahu aku bang tentang Sandbox ini. Selama ini sih aku gak pernah ngecek apakah artikelku ada di google atau tidak... hehehe..
Makasih infonya Bang..

insan said...

Saran dari saya yg newbie:
Sabar dan banyak doa aja mas, hehe

lina@happy family said...

Maaf Bang ngga bisa bantu soalnya tahu tentang sandbox saja baru sekarang...

Digital Information said...

Google memang banyak memiliki rahasia, yang penting bagaimana kita belajar membuka rahasia dari Bang Google tersebut.
Makasih Bang artikelnya mantabs.

javabis99 said...

wee, sy br tau juga yang kaya gini, tapi bermanfaat utk sy yg msh PR Nol besar, buat belajar & terus belajar..tks

tyas learningdays said...

postinganku yg terakhir juga kok jadi menghilang ya... padahal kmrn udah di halaman pertama...
kalo itu, asli nggak pake trik2 apa2... berarti emang om gug lagi ambil acak aja yg dicemplungin sandbox...

setyorini said...

kadang2 google emang asal, terserah dia aja, orang dia yg punya search engine.
Kita mah sebagai pengguna cuma bisa pasrah.
saya juga baru tau kalo bisa begitu.

Seri Bahasa said...

baru seri tahu hari ini kenapa banyak artikel teman seri ngak bisa dibuka rupanya sandbox ini penyebabnya.

Unknown said...

ow...jadi karena tehnik seo yang berlebihan to....tanks infonya

alkatro said...

ane denger2 ada 2 kemungkinan knapa content dimasukin ke sandbox smentara : krn dicurigai pake topi item, atau krn gugel lg punya acara result randomize; dg tujuan memberi kesempatan kpd blogger newbie ( spt alkatro ) agar bs ikut nampang di Gugel.. he he keep spirit bang :)

admin said...

@all : thanks utk komen-komennya. betul kata setyorini, krn google yg punya search engine, jadi bisa suka hatinya aja.
kalau dia pengen cemplungkan artikel kita ke sandbox, terserah dia.

sekedar info, hr ini (11Nov2009) sy cek, artikel saya mengenai apple corporation, sudah muncul lagi di halaman 1 google, dgn keyword apple corporation.
artikel yg lain masih ada yg masih diparkir di sandbox.
jadi kudu sabar...

get instant money said...

bener bang budi..artikel saya ini juga pernah menghilang dari google.tpi untunglah cuma sementara..kali lgi ada operasi SIM, jdi masuk kotak pasir dulu..hehehe

rudis said...

makasih infonya akhirnya tambah juga ilmu saya

Erik said...

Saya juga pernah mengalami hal ini. Coba cek webmastertoolnya, apakah ada error-errornya? Jika ada upayakan supaya hilang errornya.

Pengalaman saya, ini membantu memunculkan kembali.

Osi said...

terima kasih ya sharingnya..jadi ngecek ni....hihihihihi..

frizzy said...

Permisi numpang komen.
Ada beberapa versi yang menerangkan kenapa website kita keluar dari SERP yang ideal. Yang pertama, ada kemungkinan google dancing. Dalam hal ini google mengaudit dan menganalisa situs2 yang betul2 relevan dengan kata kunci yang dimaksud. Biasanya utk beberapa waktu, website kita menghilang namun tiba2 muncul lagi.
Ada juga istilah sandbox, dimana domain kita dianggap keterlaluan melakukan 'spamming' oleh om google.
Cara mengecek website kita masuk sandbox adalah dengan mengeceknya di textbox google: site:[nama domain] contoh: site:budiawan-hutasoit.blogspot.com. Jika semua halaman blog kita tidak muncul, berarti kita masuk sandbox.
Menolongnya adalah dengan cara mencari kawan yang mampu menarik kita dari kotak/lubang pasir tersebut yaitu dengan link popularity yang alami. Tapi ini hanya sekedar ide, karena sekali lagi hanya Google lah yang tahu segala aturan yang dijalankan dan celakanya google tidak menyediakan nomor kontak helpdesknya.
Gitu aja dari saya, salam hormat selalu untuk para sobat blogger di sini.

Unknown said...

Dari dulu sering denger istilah sandbox....tapi baru tau artinya sekarang'

Subagya said...

hmmm... bahaya juga ya kalo terlalu di optimasi berlebihan.. kalu gitu yang wajar-wajar aja.. heheheh

melati said...

aku gak ngerti SEO sih, denger 'sandbox' aja baru sekarang...BTW makasih infonya...

warung informasi said...

i like seo. salah satu penyebab utama biasanya dikarenakan google lagi beraksi.. masukan saja.. sehingga bisa keluar dari mesin penelusuran.. salam kenal dan follow this blog

rumah blogger said...

kejam juga ya google, mungkin krn terlalu kelelahan jadi error, padahal kita tidak melakukan pelanggaran sperti yg dimaksud itu..

sabirinnet said...

saya juga pernah mengalami, sebelumnya muncul aja, beberapa hari kemudian saya coba lagi ternyata hilang. setelah itu saya tidak coba lagi sampai hari ini, wah kacau deh kalau begini ceritanya..thanx share ilmunya yaa

Dwi said...

asik juga nich pengalamannya, semoga gak terjadi lagi sobat

Lukman said...

Wah sama nieh dengan kasus blogku... dah 4 blog kena sandbox..nyesel xixixi

the others said...

Thanks banget infonya Bang... berarti blogku gak kena sandbox.. *happy*

dinohp.info said...

Makasih bang atas sharenya ..memang saya terlalu cepat optimalisasi makanya Kena sandbox bang

Cikgu Dahlia said...

thanks for this information..
my first time heard about sandbox..
thats true, sometimes we will lose our place on SERP just because our own action.
So, dont be too greedy..

gedot said...

Terimakasih mas atas sharingnya, saya juga lagi bingung ne, artikel saya yang semula ada dihalaman 1 google tiba - tiba hilang, entah kenapa padahal saya tidak merasa melakukan black hat ato teknik curang lainnya, ato mungkin karena saya udah lama tidak update artikel lagi ya.....

Obat Herbal Keputihan said...

saya juga pernah mengalaminya gan..hilang entah kemana salah satu url saya,,namun beberpa minggu kemudian muncul lagi,,mungkin itu yang namnya sanbox ya,,thanks

karila arilex said...

Aduuuhhh..beneran bisa ilang ya bang? Jadi kuatir, karena 2 hari ini mumpung sempat, aku sekalian blogwalking ke temen-temen lama, emang sekalian tebar link sih... Gimana ya caranya naikkan popularity yang aman tanpa kena google dancing tuh...