Target IPO FACEBOOK sebesar Rp. 45 triliun

facebook_initial_public_offering

Target IPO FACEBOOK sebesar Rp. 45 triliun. Pada 1 Februari lalu sebuah dokumen dengan tebal 199 halaman bocor ke publik. Di halaman depan dokumen itu, tertera nama perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia: Facebook Inc. Form tersebut adalah Form S-1 yang merupakan dokumen pendaftaran efek di Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (United States Securities and Exchange Commission).

Awalnya Facebook tidak diciptakan untuk menjadi sebuah perusahaan. Ia dibangun untuk mencapai sebuah misi sosial: membuat dunia menjadi lebih terbuka dan terhubung – Mark Zuckerberg.

Dokumen tersebut seakan menjawab rasa penasaran publik sejak pertengahan tahun lalu. Facebook akhirnya akan melego sebagian sahamnya ke publik. Tidak disebutkan berapa persen saham yang akan dilepas, begitu juga kisaran harga per saham. Hanya dalam dokumen tersebut tercantum target perolehan dana hasil penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO). Nilainya sangat fantastis, 5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp. 45 triliun.

Kalau saja proses IPO di atas tercapai, maka Facebook sebagai media sosial yang menerima unggahan 250 juta foto per hari itu akan melampaui rekor IPO Google. Pada 2004, search engine raksasa itu melepas saham ke publik dan dana yang terkumpul ‘hanya’ 1,9 miliar AS atau setara dengan Rp. 17, 1 triliun. Dibandingkan dengan perusahaan dot.com lainnya, nilai IPO Facebook juga jauh menjulang, seperti produsen game Zynga hanya meraup dana IPO 1 miliar dolar AS.

Sampai saat ini belum ada informasi tambahan kapan waktu pencatatan dan saham Facebook mulai diperdagangkan di Wall Street. Beberapa sumber menyebutkan pencatatan perdana saham (listing) Facebook diperkirakan pada Mei 2012.

Hal-hal di atas pasti tidak terbayangkan dibenak Mark Zuckerberg dan teman-temanya pada saat ingin membuat situs yang bisa mengintip kegiatan mahasiswi Harvard delapan tahun silam. Dari sebuah kamar asrama di Harvard University, jejaring sosial Facebook sudah menyebar ke seluruh dunia dan saat ini memiliki 845 juta pengguna aktif. Valuasi nilai saham Facebook sudah mencapai 100 miliar dolar AS atau sekitar Rp. 900 triliun. Luar biasa. Kita tunggu saja hasil IPO Facebook.

Facebook = muka buku yang menurunkan produktivitas kerja

dari berbagai sumber / gambar: google.com

1 komentar:

Obat Herbal Kanker Prostat said...

waw,,,bisa mngalahkan google,,hebat,,gak nyangka ya dari tadinya buat media sosial kini menjadi perusahaan besar,,,hebatt...