6 Tips MERAWAT dan menjaga LAYAR SENTUH handphone atau ponsel

cara_merawat_layar_sentuh_touchscreen_handphone

6 Tips merawat dan menjaga layar sentuh handphone/ponsel. Layar sentuh atau touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri. Teknologi layar sentuh mengalami ‘booming’ pada tahun 2007 dan saat ini sudah bukan menjadi sebuah teknologi yang mahal serta semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. Bahkan handphone atau ponsel low end juga sudah banyak menggunakan teknologi layar sentuh.

Sistem atau teknologi layar sentuh terdiri atas tiga komponen dasar, yaitu panel sensor layar sentuh, pengontrol layar sentuh dan driver perangkat halus (wikipedia). Patut disayangkan, kehadiran teknologi yang memudahkan pengoperasian di handphone atau ponsel ini tidak diikuti dengan pengetahuan pengguna untuk merawat handphone layar sentuh. Padahal ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan untuk menjaga kondisi layar sentuh.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dianjurkan untuk merawat dan menjaga kondisi layar sentuh atau touchscreen handphone atau ponsel:

1. Pastikan tangan atau jari selalu bersih pada saat ingin menyentuh layar sentuh handphone atau ponsel. Kotoran yang terdapat di tangan seperti minyak dan keringat dapat menjadi medium konduktif atau pengantar listrik. Kotoran yang menumpuk akan menghasilkan lapisan konduktif yang berakibat layar sentuh tidak akurat.

2. Jauhkan handphone atau ponsel layar sentuh dari suhu yang terlalu tinggi. Hal ini disebabkan suhu pengoperasian layar sentuh adalah 0-30 derajat celcius dengan kelembaban sekitar 5 persen.

3. Salah satu musuh dari layar sentuh adalah listrik statis. Kekuatan listrik statis dapat membuat lapisan yang ada di layar sentuh bocor. Biarpun sudah dilengkapi dengan kaca layar sentuh yang mengadopsi sistem antistatis, tidak berarti layar sentuh dapat bertahan selamanya. Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan wadah atau pelindung berbahan kulit.

4. Sedapat mungkin hindari layar sentuh ponsel dari benturan dan goresan. Saat ini teknologi layar sentuh sudah mendukung ketahanan akan goresan, tapi benturan dapat mengganggu mekanismenya. Hindari mengantongi handphone atau ponsel layar sentuh di kantong celana yang ketat supaya dapat meminimalkan goresan dan benturan.

5. Hindari batere handphone atau ponsel layar sentuh sampai benar-benar habis. Selalu isi batere telephone seluler sebelum berada di bawah 20 persen. Pada saat batere lemah, listrik dari empat sudut layar sentuh akan ditransmisikan ke titik kita menyentuh. Listrik yang tidak stabil akan membuat layar “mengapung” atau bahkan mati.

6. Cara merawat dan menjaga layar sentuh lainnya adalah jauhkan handphone/ponsel layar sentuh dari medan magnet, khususnya elektromagnet. Karena hal ini dapat mengganggu sistem layar sentuh ponsel. Hindari ponsel dari pusaran medan magnet, seperti speaker, kipas angin, televisi dan microwave.

dari berbagai sumber / gambar: google.com

5 komentar:

mimi RaDiAl said...

makasi tipsnya bang,,,,kebetulan baru pake ni mas andro tp koq y selalu cpt lowbet ??? ada solusi bang ???

Herman Tan said...

harus benar-benar hati-hati dalam memegangnya nie..

Anak Rantau said...

Thanks bang Budi, infonya sangat bermanfaat :)

Pengobatan Tradisional Darah Tinggi said...

kebetulan hp saya juga layar sentuh nih,,gimana kalo di simpennya dekat komputer,,karena saya sambil kerja juga...

Paket Umroh said...

memang punya HP touch screen tu harus hati2 karna kalo uda skali rusah waaah udagawat itu mah