Apakah NEWS TICKER Facebook dapat mengancam privasi kita?

facebook_ticker

Persaingan antara Facebook dan Google+ semakin sengit. Kedua sosial media ini sangat aktif untuk menampilan fitur-fitur baru. Tak lama setelah Google+ memunculkan fitur barunya, Facebook pun menyusul. Salah satu fitur baru yang ada di Facebook adalah News Ticker. Fitur ini akan memberi tahu kepada semua teman-teman kita secara ‘real live’ apa saja yang anda lakukan di Facebook. Jadi mirip-mirip dengan Time Line-nya Twitter. Hanya saja bagi sebagian pengguna (user) Facebook merasa tidak nyaman dengan fitur ini, karena News Ticker Facebook dapat mengancam privasi penggunanya.

Berapa jumlah teman anda saat ini di Facebook. Ratusan atau ribuan. Kalau anda memiliki ribuan teman, maka semua teman-teman anda dapat mengetahui atau melihat apa saja yang sedang anda lakukan saat ini di akun Facebook anda. Contohnya, kalau anda meng-klik tombol ‘Like’ pada video porno atau gambar/foto telanjang maka akan muncul di News Ticker teman anda. Contoh lainnya, anda memberikan komen di status mantan pacar anda. Dapat dibayangkan apa yang terjadi jika istri, suami atau pacar anda melihat apa yang sedang lakukan melalui News Ticker di akun mereka.

Tampilan Facebook Ticker...

news_ticker_facebook_privacy

News Ticker Facebook ini juga dapat digunakan untuk mengetahui aktivitas pasangan, melihat atau memata-matai musuh, mencari data yang diperlukan untuk hacking, dan lain-lain. Jadi apa yang anda lakukan saat ini dapat diketahui oleh semua orang. Belum lagi kalau kita mengaktifkan fitur Subscribe di profil Facebook kita. Orang yang bukan teman kitapun bisa melihat Status Publik kita. Catatan: kalau untuk artis atau kalangan terkenal mungkin fitur Subscribe ini tidak menjadi masalah, malah dibutuhkan oleh mereka.

Saat ini, Facebook belum menyediakan fasilitas pilihan Disable atau Turning Off untuk News Ticker. Sehingga tidak heran jika sudah ada ribuan pengguna Facebook membuat Petition to Remove Facebook Ticker. Kalau anda merasa terganggu privasinya dengan kehadiran fitur News Ticker Facebook, silahkan bergabung.

1 komentar:

Nia said...

iya nech tampilan facebook yang baru jd aneh...bener2 ngga punya privacy jadinya