Tahap Demi Tahap Proses Program Bayi Tabung di Lam Wah Ee Penang Dengan Dr. Ng Peng Wah


Tahap Demi Tahap Proses Program Bayi Tabung di Lam Wah Ee Penang Dengan Dr. Ng Peng Wah. Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu mengenai program bayi tabung yang dapat dibaca di link ini Perjalanan Panjang Mendapatkan Buah Hati Melalui Program Bayi Tabung di Lam Wae Ee Hospital Penang Malaysia, maka berikut ini adalah proses yang kami jalani mulai dari tahap penyuntikan obat Suprefact sampai proses ET (Embryo Transfer) yaitu tanam embrio,

1. Pemberian obat Suprefact bagian dari proses bayi tabung di Lam Wah Ee, Penang

Mulai hari Minggu, 13 Desember 2015, istri mendapatkan suntikan obat Suprefact sebanyak 40 unit. Video cara menggunakan Suprefact dapat dilihat di link ini  Cara Menggunakan Suprefact untuk Program Bayi Tabung di Lam Wah Ee Hospital Penang Malaysia .

Waktu yang kami pilih untuk menyuntikan Suprefact setiap jam 9 malam dan disuntikan ke sekitar pusar. Efek yang dirasakan oleh istri saya adalah sedikit sesak nafas dan perut kembung (begah). Menurut suster Sujada dari Lam Wah Ee, biasanya orang-orang yang mendapatkan suntikan Supfrefact tidak mendapatkan efek apa-apa. Hanya saja efeknya bisa berbeda setiap orang.
Baca juga artikel ini: Jalan-jalan ke George Town dan Tempat-tempat Wisata di Penang | Catatan Perjalanan Penang
Tanggal 26 Desember 2015, istri mendapatkan haid. Sesuai informasi yang sudah diberikan sebelumnya, maka saat istri mendapatkan haid maka kami diharuskan menelepon ke Lam Wah Ee. Tapi berhubung libur maka kami mengirim email. Kami mendapatkan balasan yang menginformasikan bahwa kami harus datang ke Penang tanggal 28 Desember 2015.

Hari Minggu, 27 Desember 2015 kami terbang ke Penang. Keesokan harinya kami konsultasi ke Dr. Ng. Dari hasil konsultasi, istri saya mendapatkan obat tambahan yaitu Menupor sebanyak 75 unit dan Puregon 125 unit.

Sedangkan Suprefact dikurangi dari 40 unit menjadi 15 unit. Dokter menyebutkan untuk datang kembali tanggal 6 Januari 2016. Berhubung sudah dekat dengan tahun baru maka kami putuskan untuk kembali dahulu ke Medan.

Efek yang dirasakan oleh istri saya adalah perutnya sering merasa begah, kerongkongan kering (apalagi setelah suntikan Menupor). Biasanya kami selalu sediakan air putih hangat yang dicampur dengan madu. Istri juga jadi gampang merasa capek dan agak emosian. 

obat untuk bayi tabung puregon, menupor dan suprefact
3 jenis suntikan untuk obat (kiri ke kanan): Puregon, Menupor & Suprefact
Jarum suntik untuk Menupor sedikit lebih besar dari Suprefact. Mungkin karena ukurannya yang lebih besar jadi istri agak kesakitan. Sedangkan Puregon, istri merasakan perih saat disuntik.

Pemberian obat tambahan yaitu Menupor dan Puregon serta jumlah unitnya, bisa berbeda-beda ke masing-masing individu. Dari beberapa pasien yang kami temui, ada yang di tahap ke dua hanya diberikan Puregon tanpa Menupor. 

Live Webinar SB1M Seumur Hidup

2. Persiapan menjelang OPU (Ovum Pick-Up) bagian dari proses bayi tabung di Lam Wah Ee, Penang
Tanggal 5 Januari 2016, kami berangkat lagi ke Penang. Keesokan harinya, 6 Januari 2016 kami konsultasi ke Dr. Ng. Hasil dari konsultasi, Dr Ng menyebutkan bahwa sel telur sudah ada yang berkembang kira-kira 4-5 sel telur. Obat  Supfrefact, Menupor dan Puregon diteruskan sampai tanggal 8 Januari 2016.

Tanggal 9 Januari 2016 kami disuruh untuk datang kembali. Nantinya akan dicek apakah sudah bisa ke tahap OPU (Ovum Pick-Up) atau belum. Jika bisa, maka OPU akan dilakukan hari Selasa (12 Januari 2016) atau Rabu (13 Januari 2016).

Hari Sabtu, 9 Januari 2016 kami datang lagi ke Lam Wah Ee. Hasil pemeriksaan USG oleh Dr. Eng, OPU dapat dilakukan hari Rabu 13 Januari 2016. Berikut ini adalah jenis obat yang diberikan sampai proses OPU bayi tabung di Lam Wah Ee:

  • Suprefact 15 unit: diberikan dari tanggal 9 - 10 Januari 2016
  • Puregon 125 unit: diberikan dari tanggal 9 - 10 Januari 2016
  • Menupor sebanyak 1 botol/ampul: diberikan dari tanggal 9 Januari - 10 Januari 2016
  • Ovidrel: diberikan tanggal 11 Januari 2016. Obat Ovidrel ini harus diberikan tepat jam 21.15 (waktu Penang), dan harus dicatat sampai jam berapa semua obat selesai disuntikan. Tidak boleh lebih dari 5 menit. Ovidrel harus disimpan di dalam kulkas dan 5 menit sebelum jam 21.15 dikeluarkan dari kulkas.

Obat Ovidrel untuk program bayi tabung
Ovidrel
Selanjutnya adalah tanggal 11 Januari 2016, istri diharuskan untuk test darah (progesteron). Tanggal 12 Januari 2016, setelah selesai makan malam, istri diharuskan mengonsumsi Dulcolax sebanyak 2 tablet. Mulai jam 12 malam, istri harus puasa.

3. Proses OPU (Ovum Pick-up) di Lam Wah Ee, Penang

Berikut ini adalah proses atau tahapan OPU yang dijalankan oleh istri saya di Lam Wah Ee, Penang
  • Hari Rabu, 13 Januari 2016, jam 7.00 kami sudah sampai di rumah sakit dan langsung menuju ke bagian deposit di lantai 1 di depan bilik Money Changer. Setelah selesai urusan deposit sebesar RM 6,200 maka kami diantar menuju lantai 6. 
  • Oleh suster yang menerima kami di lantai 6, kami diantar ke kamar yang berisi 2 bed. Di kamar ini istri diberi suntikan antibiotik dan ditanya beberapa pertanyaan seperti apakah ada alergi, apakah pernah operasi, apakah ada hipertensi, apakah ada hepatitis, dan lain-lain.
  • Jam 8.30 suami ambil sperma di lantai 3.
  • Sekitar jam 9.20 istri disuntik obat penghilang sakit atau bius. Dan kemudian menunggu karena ada pasien yang juga sedang proses OPU.
  • Jam 10.00 istri menuju lantai 3 ke bagian IVF. Sambil menunggu pasien sebelumnya keluar, suster menanyakan kapan suntik Ovidrel dan apakah di lantai 6 ada diberi suntikan dan disuntik dimana. Sepertinya ini untuk konfirmasi mereka apakah pasien sudah menjalankan prosedur atau tidak.
  • Jam 10.10 istri masuk ke ruang operasi.
  • Jam 10.40 istri keluar dalam keadaan sehat. Hanya saja merasa lemas. Bius yang diberikan tidak 100% bius total, karena istri masih bisa berbicara. Cuman  dia merasa lemas. Setelah itu kami naik ke lantai 6 kembali ke kamar sebelumnya untuk menunggu pemulihan.
  • Jam 11.20 istri mulai minum sedikit. Kami membawa air madu yang kami masukan ke dalam botol air mineral. Juga makan sedikit bubur.
  • Total biaya untuk proses OPU ini adalah RM 6,029.25
  • Jam 15.00 kami mengambil obat. Diberikan tiga jenis obat yaitu:
  1. Cyclogest 400 mg: yang akan dimasukan ke dalam vagina. Pagi dan malam hari.
  2. Zinnat 250 mg: antibiotik, dua kali sehari, pagi dan malam.
  3. Tremadol: penghilang sakit. Diminum jika merasa sakit.
Tips: 
  • Saat akan OPU rumah sakit akan menawarkan apakah akan makanan setelah selesai OPU dari rumah sakit atau membeli sendiri. Jika membeli sendiri maka jangan lupa untuk membawa mangkuk dan sendok. Karena rumah sakit tidak menyediakan mangkuk dan sendok. Kalau pinjam di kantin akan di-charge biaya.
  • Ada yang menyarankan sebelum proses OPU untuk akupuntur. Anda dapat melakukan akupuntur di gedung Chinese Medicine Division yang letaknya di sebelah gedung Lam Wah Ee. Biaya RM 30. Biasanya dengan Ms. Karen.
Efek dari obat bius atau penghilang sakit bisa berbeda ke masing-masing individu. Terhadap istri saya efeknya cukup kuat. Rencana kami sekitar jam 16.00 kembali ke apartemen. Tapi saat berjalan istri saya kelihatan masih lemah dan goyang.

Suster yang melihat kondisi istri saya langsung menyarankan untuk istirahat di kamar. Istri saya kembali  tertidur sampai jam 17.15. Jam 17,30 dia makan nasi. Setelah kondisinya semakin membaik, maka sekitar jam 18.00 kami meninggalkan rumah sakit kembali ke apartemen.

Tips: 
  • menjelang proses OPU dan juga setelah OPU, maka disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon, alpukat, juice, susu kacang (soya bean), folic acid dan susu Ensure.
  • Ikan Salmon usahakan tidak digoreng hanya di-grilled atau dikukus. Atau kalau mau ditumis, gunakan hanya sedikit minyak goreng.
  • Alpukat agak susah didapatkan di Penang, kalaupun  ada harganya cukup mahal. Sekitar RM 5-6 per biji, karena impor dari New Zealand. Jika memungkinkan - bagi yang berdomisili di Medan - bawalah dari Medan. 
  • Hindari untuk mengonsumsi makanan berlemak, digoreng, pedas,  
4. Proses Embryo Transfer (ET) atau tanam embrio.

Ruangan IVF di Lam Wah Ee Hospital Penang Malaysia

Hari Kamis, 14 Januari 2016 jam 11.00 kami menelepon rumah sakit. Dan mendapatkan informasi kalau proses Embryo Transfer (ET) dapat dilakukan hari Senin, 18 Januari 2016.

Instruksinya jam 7.30 datang ke rumah sakit, mengambil nomor antrian seperti biasa. Tapi saat mendaftar untuk follow up sebutkan untuk ke IVF proses ET.

Untuk proses ET tidak perlu puasa, makan seperti biasa. Hanya saja jam 7.30 diharuskan minum air putih sebanyak 500 ml. Dan harus menahan pipis sampai proses ET. Obat Cyclogest juga dihentikan di hari proses ET.

Senin, 18 Januari 2016, sekitar jam 08.00 pagi kami menuju Lam Wah Ee. Setelah mendaftar maka kami menuju ke ruangan IVF di lantai 3.  Hari itu hanya ada dua pasien yang melakukan ET, istri saya mendapatkan giliran kedua.

Jam 09.12 istri saya dipanggil untuk masuk ke ruangan ET. Jam 10.15 dia keluar dari ruangan. Menurut istri saya, pelaksanaan ET mungkin sekitar 30 menit karena selebihnya adalah menunggu pasien yang sebelumnya dan untuk istirahat. Hasil ET yang kami dapatkan kurang menggembirakan yaitu:

"Dari 7 sel telur yang diambil saat OPU, ada 5 yang fertilized. Dari 5 yang fertilized setelah digabung dengan sperma hanya ada 3 embrio yang bertahan sampai hari kelima. Dari 3 embrio dipilihlah yang terbaik dan hanya satu embrio yang menurut dokter kualitasnya di bawah 'excellent'. Satu embrio inilah yang ditanam. Jadi 2 embrio lagi kualitasnya tidak baik dan kemungkinan dibuang. Karena kalau baik, maka biasanya akan dibekukan".

Suster Sujada menginformasikan bahwa hari Kamis, 28 Januari 2016 adalah pengumuman apakah hasil ET positif atau tidak. Total biaya untuk proses ET adalah RM 1,200. Jika ada embrio yang dibekukan maka biayanya adalah RM 1,000 untuk dua tahun.

Sampai di sini usaha kami melewati tahap demi tahap proses program bayi tabung di Lam Wah Ee Penang dengan Dr. Ng Peng Wah sudah mendekati maksimal. Yang bisa kami lakukan sekarang adalah berdoa, berdoa dan berdoa agar satu embrio yang ditanam menghasilkan hasil yang terbaik. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil dan mukjizat itu nyata.

Catatan:

Berikut ini adalah jumlah biaya yang kami keluarkan untuk proses bayi tabung di Lam Wah Ee Penang (tahun 2015/2016):
  • Cek sperma RM 80
  • Cek darah suami istri RM 425
  • Obat tahap Pertama Suprefact RM 660
  • Obat tahap kedua RM 1,437.50
  • Obat tahap ketiga RM 300
  • Cek darah istri (progesteron) RM 36
  • OPU RM 6,030
  • ET RM 1,200
  • Total 10,746.50
- Total biaya bisa berubah, misal ada embrio yang dibekukan. Biayanya RM 1,000 untuk dua tahun
- Biaya di atas tidak termasuk biaya transportasi, biaya penginapan dan makan selama di Penang.

baca juga:

Daftar Free Member Video Tutorial Internet Marketing Dan Bisnis Online SB1M

7 komentar:

dewi sri said...

trism untuk info bayi tabungnya, menambah pengetahuan saya

Panigoran Pane said...

Selanjutnya dimana bapak membawa istri bapak kontrol kehamilan di medan?

Yuli Chen said...

Gimana hasilnya pak. Senang sekali membaca info ivf bapak. Thx sharingnya

Yuli Chen said...

Thx banyak atas sharingnya. Gimana hasil ivf nya pak

cahaya net said...

Trus hasilnya bagaimana pak...? Senang sekali membaca info ivf bapak.

eva daulay said...

Terima kasih infonya bang sangat berguna, bagaimana dengan hasilnya bang??

Cici said...

Saya sangat merekomendasikan penginapan ko Adrian & isterinya Meliana Panjaitan. Mewah Court yang di depan Lam Wah Ee. Saya pernah coba beberapa penginapan lain di Mewah Court dan sudah sharing pengalaman dengan teman2 lain. Tempat ko Adrian lebih bersih dan nyaman dibanding banyak penginapan2 lain di Mewah Court. Facilitasnya lengkap. Dan suami isteri ramah.

Bisa hubungi mereka

Adrian +6012-903 6135 (pin BBM 7B4A5B83)
Meliana Panjaitan +6016-459 0494 (pin BBM 58AB3D42)