MANCHESTER UNITED klub sepak bola PALING KAYA di DUNIA

klub_sepak_bola_paling_kaya_di_dunia_forbes_manchester_united

Manchester United (MU) merupakan salah satu klub sepak bola yang paling terkenal di dunia. Walaupun di tahun ini mereka sudah tersingkir dari Liga Champions namun reputasi MU sebagai klub elite dunia belum tergusur. Dan ini dibuktikan dengan dinobatkannya si Setan Merah untuk kedelapan kalinya, sebagai klub sepak bola paling kaya di muka bumi versi majalah Forbes.

Forbes – majalah ekonomi papan atas asal Amerika – pertama kali mengeluarkan daftar klub sepak bola terkaya di dunia tahun 2004. Dan sejak tahun 2004 hingga 2012, posisi Manchester United sebagai klub sepak bola paling tajir tidak tergoyahkan. Perhitungan Forbes didasarkan pada pemasukan yang diperoleh dari berbagai sektor usaha. Besarnya jumlah suporter dan pemasukan dari siaran televisi menjadi faktor penting pendapatan klub-klub sepak bola Eropa.

Walaupun telah berganti pemilik serta memiliki banyak utang, pendapatan Manchester United ternyata tetap lebih banyak dari klub-klub sepak bola Eropa lain. Setan Merah yang saat ini dimiliki oleh Keluarga Glazer mengalahkan dua raksasa Spanyol Real Madrid dan Barcelona. Jumlah fans yang tersebar di seluruh penjuru dunia merupakan alasan utama yang selalu menempatkan MU pada daftar paling atas klub sepak bola terkaya di dunia versi Forbes. Sumber lainnya adalah dari Liga Champion dan tentu saja dari sponsor serta penawaran brand yag telah dibangun melalui keberhasilan di lapangan dari waktu ke waktu.

Saat ini jumlah penggemar Manchester United kurang lebih sekitar 330 juta dan ini menjadikan MU tim paling kaya dalam olahraga dunia. Nilainya mencapai USD 385 juta. Jumlah ini bahkan melebihi nilai klub bisbol (MLB) New York Yankees dan klub American Football (NFL) Dallas Cowboys. Selama musim 2010/2011, Setan Merah mendapatkan USD 192 juta dari televisi dan jumlah ini lebih tinggi 22% dari musim sebelumnya.

manchester_united_juara_liga_inggris_19_

Inggris mendominasi daftar klub terkaya di dunia dengan mencatatkan enam klub, lalu Itali lima klub, kemudian Jerman dengan empat klub, serta Spanyol dengan tiga klub. Sementara Belanda dan Prancis masing-masing satu klub. Berikut ini adalah daftar 20 klub sepak bola profesional terkaya di dunia versi majalah Forbes:

Klub Kekayaan (USD)
Manchester United 2,235 miliar
Real Madrid 1,877 miliar
Barcelona 1,307 miliar
Arsenal 1,292 miliar
Bayern Muenchen 1,235 miliar
AC Milan     989 juta
Chelsea     761 juta
Liverpool     619 juta
Juventus     591 juta
Schalke 04     587 juta
Tottenham Hotspur     564 juta
Inter Milan     490 juta
Manchester City     443 juta
Borrusia Dortmund     394 juta
Olympique Lyon     385 juta
Hamburg SV     355 juta
AS Roma     354 juta
Olympique Marseille     349 juta
Valencia     288 juta
Napoli     283 juta

gambar: google.com

3 komentar:

Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening said...

whoah,,,mantap banget wlau mereka telah tergusur tapi kalo paling mahal si terbukti eksistensinya,,hehe

pengobatan tradisional said...

MU memang yang terbaik dengan sederet prestasinya pantas jadi yang terkaya diantara klub-klub eropa lainnya.

irma-nurkhotimah said...

Klub yang satu ini gak ada mati nya, pantas jadi yang terkaya.