7 Situs Pembocor Rahasia yang MIRIP WikiLeaks

situs_pembocor_rahasia_mirip_wikileaks

Setelah mengungkap sekitar 250 ribu kawat diplomatik rahasia milik Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat, nama Julian Assange dan situsnya, WikiLeaks, melambung. Julian dan Wikileaks menjadi simbol kebebasan informasi dan hak publik untuk tahu. Julian menolak diekstradisi ke Swedia atas tuduhan pelecehan seksual terhadap dua orang karyawannya pada musim panas lalu. Pada akhirnya pihak berwenang Inggris membebaskan pendiri situs pembocor rahasia Wikileaks ini dari penjara Wandsworth, London.

Walaupun banyak dikecam, tapi Julian Assange - kelahiran Australia – menegaskan dirinya akan terus memperjuangkan ketidakbersalahannya. Yang menarik adalah, situs-situs pembocor rahasia yang serupa dengan WikiLeaks, banyak bermunculan di  mana-mana. Salah satunya malah muncul dari Indonesia yaitu Indoleaks.

1. Indoleaks.org

Situs yang pendirinya masih dirahasiakan ini memuat beberapa dokumen rahasia asal Indonesia, seperti data visum korban Gerakan 30 September 1965, dokumen kasus Lapindo, dokumen pembunuhan aktivis hak asasi manusia Munir, dan skandal Bank Century.

2. Balkankelas.eu

Pendiri situs ini, mengaku sebagai peniru WikiLeaks. Di halaman depan situsnya, tercantum pengakuan dari redaksinya bahwa situs ini ingin mendorong transparansi di negara-negara Balkan, untuk memerangi mafia hukum dan korupsi politik di sana. Tag line mereka adalah: “The Balkans are not keeping secrets anymore.”

3. Rospil.info

Seorang antikorupsi di Rusia, Alexei Navalny, memimpin situs ini. Seringkali, hanya dengan menyamar sebagai pemegang saham, Navalny bisa memperoleh dokumen rahasia tentang perusahaan gas Rusia, Gazprom, dan bank-bank besar di Moskow. Semua dokumen-dokumen itu dipajang di situsnya.

4. OpenLeaks.org

Mantan pendiri WikiLeaks yang berasal dari Jerman dan bernama Daniel Domscheit-Berg-lah yang mendirikan situs ini. Walaupun memiliki gagasan yang serupa, tapi OpenLeaks tidak akan mempublikasikan sendiri bocoran rahasia yang mereka peroleh. Situs ini hanya akan menjadi kotak pos untuk menerima data dari sumber anonim.

5. Brusselslekas.com

Situs ini dibuat oleh sejumlah jurnalis dan aktivis lembaga swadaya masyarakat Brussel, Belgia. Mengaku terinspirasi akan suksesnya WikiLeaks, mereka bertekad membongkar rahasia-rahasia yang tersimpan di pusat kantor Uni Eropa, yang memang bermarkas di Brussel.

6. Cryptome.org

Aktivis John Young dan Deborah Natsios mendirikan situs ini di bulan Juni 1996. Situs ini memuat beragam dokumen terlarang seperti foto para tentara Amerika yang tewas dalam Perang Irak, daftar agen dinas rahasia Inggris MI6, sampai dokumen rahasia perusahaan publik. Sampai akhir November 2010, Cryptome sudah merilis lebih dari 58 ribu dokumen.

7. Govecn.org

Situs pembocor rahasia yang mirip WikiLeaks ini dibuat oleh sekitar 30 narablog dan aktivis prodemokrasi di Beijing dan Shanghai. Mereka sudah mulai mengunggah (upload) sejumlah artikel tentang korupsi dan tata kelola pemerintah yang buruk di Tiongkok. Tapi menurut Julian Assange, pengamanan sumber anonim di situs ini dinilai buruk.

Dapat recehan dollar ($) dari internet di sini >>

Project Wonderful Proof of Fifth Payment

BUKTI Pembayaran BuxP di AlertPay

gambar: google.com

7 komentar:

alkatro said...

ternyata di negara lain banyak juga ya.. semoga para pembuat situs indoleaks tetep aman di tempatnya, pernah dunlot yang kasus om munir, serem juga bocorannya. makasih infonya bang :)

Unknown said...

Nice info sharing

belajar dj said...

wah..makin trasparan aja nih..baguslah informasi jd lebih akurat.keep share

Profesor Kalkulus said...

salam kenal mas
wakh ternyata banyak juga ya, situs yang mirip mirip dengan wikileaks....

LAMPUNG GOTHIC COMMUNITY said...

makasih gan infonya...bermanfaat bangets..
hmmmz..

Adit Mahameru said...

tetaplah siapapun dia dan mereka...mereka hebat..salutate!...

Anonymous said...

Hohohoooo gitu ya,
oya indoleak kayaknya dah gak update lagi tuh,
:D :D