Entrecard : a great way of improving traffic flow on your blog

entrecard-logo

Entrecard? Kartu Entre? Apa-an tuh..Ada hubungannya dengan kartu domino/gaple ngga? atau kartu remi? Ya jelas ngga ada. Nah bagi yang pengen tau sebentar akan saya cuba untuk memberikan informasinya. Bagi yang sudah tau dan bahkan sudah menjadi Master Dropper, bolehlah tambah-tambahkan informasinya.

Menurut buku primbon yang saya baca maka EntreCard adalah a blogging network yang merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan arus traffic ke blog kita. Atau juga : known as most favorite advertise website for blogger to maximize their popularity. Caranya dengan menge-drop virtual "bussines cards" / entrecard kita di blog yang sudah menjadi member dari EntreCard. Nantinya si empunya blog yang sudah kita droppin' entrecard kita, juga akan menge-drop ec-nya di blog kita. Jadi bisa dibilang entrecard ini semacam shoutbox tanpa shout.

Di EntreCard digunakan currency yang biasanya disebut Entrecard Credit (disingkat EC). Pada saat kita dropping entrecard kita di blog teman, maka kita mendapatkan credit yang nilai-nya 1 per drop. Lalu apa gunanya credit ini. Salah satunya adalah pada saat kita akan mengiklankan blog kita. Untuk itu dibutuhkan sejumlah credit yang disyaratkan oleh si empunya blog untuk beriklan di blog dia. Dengan semakin banyak beriklan maka kemungkinan blog kita terlihat dan semakin populer semakin besar. Hal ini sangat menguntungkan, apalagi bagi para sobat yang sudah mulai akan 'monetize your blog'.

Apakah menggunakan EntreCard ini harus bayar? No. Your Entrecard account is free and instant!.

Ini ada beberap tips yang saya kumpulkan dari beberapa Master Dropper dan juga sedikit pengalaman dari saya mengenai EntreCard:

1. Sebelum mendaftar cobalah bikin banner ad (125x125px) yang "striking and effectively depict your blog's theme". Banner ini akan menjadi 'wakil' anda di jaringan EntreCard.

2. Lalu sign up di http://entrecard.com/ . Isi semua data yang dibutuhkan di sana, seperti Title dari blog kita, ,URL, Category, serta description. Ganti banner standar dengan banner yang sudah kita bikin.

3. Lalu Get Code EntreCard kita dan tempatkan di blog kita (biasanya di side bar). Beberapa orang menyarankan untuk menempatkan kartu EntreCard kita di "guite high up on your page". Saya prbadi lebih memilih untuk menempatkan widget-nya di bagian tengah. Jangan tempatkan di bagian bawah, apalagi blog kita termasuk 'berat' pada saat di browse. Ada

4. Jika kita menggunakan Firefox sebagai browser kita, maka disarankan untuk menggunakan EntreCard Toolbar for Firefox. Bisa download di sini.

Lalu bagaimana caranya?

entrecard

1. Mulailah nge-drop kartu Entrecard kita di pengguna Entrecard lainnya (Free!). Mencari pengguna EntreCard, bisa dimulai dari tab Campaign di panel web EntreCard. Lalu pilih kategori yang kita inginkan. Klik banner pengguna, dan cari widget Entrecard di blog tersebut. Kemudian klik tulisan 'Drop' , tunggu sampai berganti menjadi Thanks (catatan, tulisan Thanks ini, akan berganti menjadi misalnya Go Go!, Wicked, Awesome, dll, setelah ec yang kita drop bertambah dari 50 ke 100, 200, dan seterusnya. Jadi tidak hanya tulisan Thanks saja).

2. Jumlah maksimum EC yang bisa kita drop adalah 300 per hari (tidak bisa lebih, walaupun kita punya waktu dan tenaga untuk nge-drop lebih dari 300 ec..hehe). Untuk tahap awal kita perlu aktif untuk meng-drop ec agar kita mendapatkan credit.

3. Misalnya kita bisa nge-drop 300 ec hari ini, maka keesokan harinya jam 12.00 maka jumlah ec yg kita drop akan kembali menjadi 0 (ada di bagian kanan atas panel account entrecard kita). Bukan nilai credit ec yang nol..tapi jumlah ec yang kita drop. Artinya, kita bisa kembali untuk meng-drop ec.

4. Biasanya setelah kita nge-drop ec, maka kita bisa menemukan orang yang nge-drop ec di blog kita di 'Drop Inbox' di panel EntreCard kita. Nantinya jumlah yang nge-drop akan tercantum per tanggal. Misal tanggal 2 Januari kita menerima 100 ec di inbox kita, demikian juga untuk tanggal selanjutnya. Drop a card on everyone that dropped a card on you.  Ini salah satu contoh jumlah yang nge-drop ec-nya di blog saya (yang bahasa inggris). Bar yang terakhir sekitar 314.

statistik1

5. Jika kita posting artikel maka kita juga mendapatkan credit sebesar 25.

6. Setelah nilai credit kita semakin besar, maka kita bisa mulai untuk ber-iklan. Artinya banner kita akan terlihat di blog yang kita pasang iklan. Contoh widget entrecard di blog ini adalah blog yang memasang iklan di entrecard saya. Pada saat kita ber-iklan, maka nilai credit kita akan dipotong sejumlah nilai iklannya. Contoh, untuk beriklan di blog si A dibutuhkan 64 ec, maka credit kita akan dipotong sebesar 64.

7. Beriklan-lah di 'cheap and "popular user entrecard" untuk mendapatkan high quality traffic niche.

Berikut ini saya kutip artikel dari salah satu blog berapa visitor yang didapatkan daily dengan EC.

Calculate how many free traffic you can get daily.

300 credit to advertise on other blog = 8 credit per blog equal to 37 ads you placed.

37 ads you placed can generate 4-10 click = 370 visitor to your blog.

300 active Entrecard user drop on your card = 300 free traffic daily.

Total traffic per daily you can get from Entrecard is 370 + 300 = 670 visitor daily.

It’s easy, it’s simple, try now and get high quality traffic for your blog today. Happy blogging.

Lumayan besar ya..670 visitor daily. Kalikan sebulan? Suit...suit...

Tapi.......ada tapinya lho...Sampai artikel ini naik cetak, EntreCard belum menerima blog dalam bahasa Indonesia. Trus, koq blog ini ada widget entrecardnya? Entah kenapa blog ini bisa lolos. Tapi saya yakin dan ikhlas (hiks..hiks) satu hari nanti pasti akan di delete (seperti yang sudah dialami oleh beberapa teman kita yang memiliki blog dalam bahasa Indonesia).

Trus kenapa juga mau cape-cape daftar kalau nantinya tau akan didelete? Hmm..saya pengen nunjukkin ke pemilik entrecard bahwa seharusnya mereka sudah mulai menerima blog berbahasa Indonesia karna jumlah pengguna internet/blogger di Indonesia ini cukup banyak. Akan sangat rugi kalau mereka masih menutup 'hatinya' untuk blog berbahasa Indonesia. Om Google aja sudah mulai mempertimbangkan menerima adsense di blog berbahasa Indonesia. Dimulai dari Google Translate yang sudah ada bahasa Indonesianya. Itu tanda-tandanya. Betul tidak..Betul!

Mengenai yang lain-lainnya dari EntreCard bisa langsung coba elaborasi dari sitenya, karna tidak mungkin saya posting di sini semua. Disamping postingan ini akan terlalu panjang dan membuat reader/visitor malas untuk membacanya....saya juga rada-rada malas bikin postingan yang panjang-panjang. Cape lagi..hahahaha.

Happy Blogging.

63 komentar:

dhyarga alfin said...

Pertamax bukan ya? Bener kata abang.. Banyak sekali trafik dari EC

Anonymous said...

bang budi, saya ga ngertiiii....
mendingan ngerjain oriflame aja deh, mudah dan cepat balik modalnya, qeqeqe...
ga nyambung ya...

Anonymous said...

wah...asik tuh, dah berapa banyak poinnya,....ada yg siap beli ga?

Anonymous said...

wahh infonya menarik mas Budi...
Tapi buat diriku yang baru ngeblog 2bulan....masuk ngga?? maksudnya blog sama postingannya aja masih amburan hiks...

Anonymous said...

menarik juga ya, Bud..
aku pelajari dulu ah...
tapi, mending daftarin blog yg bahasa bule aja yah, drpd yg indo tp trus ditendang...

Anonymous said...

thanks for sharing Bud...
blogku ini mau aku daftarin ke entrecard.. kalo aku gak mudheng, gak boleh nolak ajarin aku ya..

Anonymous said...

Kalau blog berbahasa Jawa ditrima apa ndak ya...

Unknown said...

jadi pengin masang juga, tapi nunggu ide ijuga bikin blog inggris, makasih bang sharingnya...sering-sering aja bikin suguhan kayak gini...

Anonymous said...

wah kang, ajarin main entrecard donk, hehehe

Miss G said...

Haiyaaaah darling, malam minggu mah jalan-jalan, nonton, makan gitu loh, malah ngedrop EC..... qiqiqiqiqiii...

*Komentar tak mendukung EC wahahahaa! abisan cape muter2 utk dapet 300 ciiiy... kapok dah!*

(^^,)

Sudah sudah kita jalan-jalan aja yuuuk yuuuk yuuuk...

Penny said...

ihiks.. seru.. tapi diriku buat banner utk blog ku yg seumur jagung aja belum bisa tuh mas Bud?? gagal terus...
gimana dong...

Anonymous said...

NIce Post....,gwnumpang mejeng aja boleh ya.... hheheheh..

Anonymous said...

hallo..kk...thank tipsnya makasih bnyk y..
gmn nih weekendnya..?

Anonymous said...

mantep Bang..tapi menurut kabar..entre card khusus blog berbahasa inggris..? Indonesia boleh kah? ato diselang seling Inggris untuk menutupi? mohon pencerahannya..soalnya dari dulu pengen daftar..tapi takut di banned :D

Anonymous said...

mantaf infonya...hepi nu year!!

210488.blogspot.com said...

pernh aku dengar tentang itu, tapi gk ngerti maksudnya apa..

thnks aku baru tw nih..

Anonymous said...

Oalah Bud...Bud.., Mumet aku mbocone, wong aku iki Wong Ndeso, Kathrok, belajar mbuat blog aja setaon, baru bisa seminggu yang lalu. Maklumlah, "Brain Ware" nya sudah bebel, kwekekek....
BTW, Hot info nih. Terpaksa belajar juga nih jadinya. Thanks bro...

Anonymous said...

wah keren juga ya pk EC.. sayang na aku lbh suka BW neh

Anonymous said...

bagus neh tipsnya...
aku juga pke EC neh..
tukeran link ya mas..

Anonymous said...

wah buat apa nih EC?? gak mudeng mas

Anonymous said...

gimana caranya ikutan EC mas?? apa sih untungnya hehehe nyari untung mulu :D

Anonymous said...

waduh Om mau dunk yang gituan.. Kasih kabar y Om kalo dah bisa pake bahasa Indonesia.. Ato sy coba aja dolo y Om, sapatau aja Lolos walopun bakalan di delete lagi.. hehehe Gpp yang penting dah ngerasain namanya EC walopun seharii..

Anonymous said...

Kalo blog yang baru di buat bisa ga mas??

DavidMIqbal said...

infonya bagus mas....coba ah

Anonymous said...

Trafik bertambah berkat entrecard. Ayo,ngedrop EC rame-rame

Anonymous said...

drop drop drop sampe ngedrop :D

Zippy said...

Wew, ribet bener kayak'x, hheheheheh....

Anonymous said...

Setuju Bung Budi, tapi saya juga belum pasang EC nih, baru ganti kulit dulu he..he.. Salam.

Anonymous said...

wedew.....ilmu baru nih....harus ditransfer segera...

Anonymous said...

entrecard apanya kartu kredit om??

Anonymous said...

baca2 baru dipahami....trus praktek deh

Anonymous said...

efektif kayaknya ya..? masih bingung bikin bannernya nih..

Nyante Aza Lae said...

copas lagunya project pop : (*gelng-geleng..angguk-angguk)...

TikToK@gamersiantar said...

muantap.. infonya.. klop dah.. sukses dan makin rame pengunjung.. thx so much infonya..

exploe said...

saya pesimis sekali kalo blog bahasa indonesia akan mereka terima, tp moga-moga aja baru saya masang deh..thanks bos

salam

Anonymous said...

sori dah lama bro, siiip tentang entre cardr dibahas, kalo ada yg mo nambah trafik juga bisa ditambahkan lewat linknya : http://www.entrecard.thegermz.com/
dijamin berlipat lipat pat pat

atau yang asia :
http://faizal-edrus.com/blog/entrecard-generator?ref=http://www.mykawali.blogspot.com

stlh libur panjang mulai lagi :) bro

Anonymous said...

udah gabung di EC juga :)

Anonymous said...

bagus juga bang, tapi daftarnya kayak ribet begitu

Anonymous said...

sayang banget saya dah dibanned sama entrecard

Anonymous said...

iya mas, setuju sama mas budi, sejak gabung entrecard saya ngrasa traffic visitors naik cepet, alexa rank juga cepet naik

Anonymous said...

aku udah ikutan tp gak ngerti caranya hihihi...

Anonymous said...

bener banget om, entrecard emang bisa menaikkan traffic dengan cepet banget.tapi sayang ogh sayang, entrecard account saya di banned :(( :(( :((

Anonymous said...

mau nanya donk om, masang entrecard di site yang pasang google adsense, kira-kira bakalan di banned sama adsense ga ya? thank you. Mohon sekalian mampir ke blog saya ya untuk commentnya ya bagus dan gaknya. Soalnya blogger baru... hihihi... :-)

Boy jaya-MOTOR said...

ternyata ribet juga ya.. mendingan pake traffic exchange 1:1. tapi akan saya coba

term life insurance said...

Jangan harap lagi dapat dollar dari EC. Sejak masuknya pemilik baru. Ganti kebijakan mereka, termasuk program cash out, di disablekan. Ini bukan gosip. Gw dapat e-mail balasan dari support EC

"hi, we no longer offer the cash out program. All your credits will remain in your account"

Blog Baru Neeh said...

Sy lagi belajar2 traffic website nich...sepertinya EC salah satu solusinya...

blogger said...

terima kasih infonya bro

Chipoy said...

Mas klo lebih dari 300 nge drop na.
Apakah yg terjadi.
Aman ga klo lebih dari 300 drop.
Thx mas

Autos said...

Info yg bermanfaat.
Saya jadi tau arti dari g0! go!.
Makasih ya

Alex said...

Aku ud nyoba, tapi kok setelah alexa na satu juta, gak turun2 lagi yach.
Tapi makasih mas infona

Lena said...

Makasih mas....
info na bermanfaat, nambah ilmu lagi nich saya.
Hehehehehe....

Throwink said...

Mantapz Boss Info na, ini dia yg di cari buat nurunin tante alexa.
Thx ya.

Technology said...

Saya Ini lagi belajarbuat nurunin alexa nich...sepertinya EC salah satu solusinya
Makasih Mas

Anonymous said...

EC memang sakti, saya ud pernah mencoba na, asal kita rajin nge DROP di sesama member pst alexa kita akan turun.
Thx sob ilmunya

Travel said...

Entrecard Emang Maknyusss...
Tapi saya kemaren baru daftar di tolak, dengan pesan blog saya di anggap spam. padahal itu blog baru.
Nanti saya coba mw daftar lagi. mudah2 di terima.
Thx mas Info na.

Home Improvement said...

infonya bagus gan. langsung di praktekan ah.

Trade Shows Info said...

Seperti agak susah yach mas sekarang pake entrecard buat nurunin alexa. tapi thx yach atas inpo na

Home Staging Harmony said...

thanks gan info na, bisa di coba nich buat nurunin alexa.

Starting a Business Ideas said...

Makasih gan tips na, tapi sekarang kyk na agak sulit untuk menjai member baru di entrecard, selalu di tolak truss, tapi akan saya oba truss, biar blog saya alexa na kurus.
Thanks sob.

Latest Small Business said...

saya kyk na pernah dengar tentang itu, tapi blm ngerti maksudn na apa.

thnks nih, nambah ilmu lg..

Lifestyle for Good Health said...

oh. ternyata ribet juga ya.. tapi akan saya coba.
Thanks yach gan

Home Energy Make Over said...

tips na sangat bermafaat, tapi sekarang kyk na agak sulit untuk menjadi member baru di entrecard, selalu di tolak truss, tapi akan saya oba truss, biar blog saya alexa na kurus.
Thanks.

All About Automotive said...

Bagus sekali infonya mas. mw coba langsung di praktekan dulu