Quantum Indonesia dan Posisinya di Search Engine Google

Quantum125x125 Ah, darimana ya saya memulai cerita mengenai Quantum Indonesia Translogistic? Mungkin bisa dimulai dari cikal bakal Quantum sendiri. Oya, Quantum Indonesia Translogistic adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa freight forwarding yang menurut Wikipedia freight forwarding adalah "A freight forwarder (often just forwarder) is a third party logistics provider. As a third party (or non asset based) provider a forwarder dispatches shipments via asset based carriers and books or otherwise arranges space for those shipments. Carrier types include waterborne vessels, airplanes, trucks or railroads. Lengkapnya mengenai arti freight forwarding bisa di lihat di sini.

Sebelum Quantum Indonesia ini ada, maka awalnya adalah saya diajak teman-teman ex sales NOL/APL - tempat saya pernah bekerja, untuk mendirikan sebuah perusahaan freight forwarding yang kita beri nama Indovita Heksapura Persada. Dengan modal saat itu sebesar Rp. 45 juta maka didirikanlah Indovita. Sejalan dengan berjalannya waktu, maka Indovita juga mulai menampakkan kemajuan. Dari mulai sewa sebuah paviliun kecil di daerah Tanah Abang, lalu pindah dan bisa berkantor di  perkantoran Cempaka Mas - Jakarta Pusat.

Di kantor baru ini awalnya cukup bagus, tapi akhirnya Indovita tidak bisa bertahan ditengah persaingan yang ada maka secara "setengah resmi" dinyatakan bubar. Ini kira-kira di tahun 2001. Kita bubar secara baik-baik. Lalu saya dan salah satu sales Indovita saat itu, mencoba untuk tetap meneruskan perusahaan ini dengan mengganti nama dan hmmm...modal yang seadanya. Karna nama Indovita tidak boleh dizinkan untuk digunakan, maka kami coba untuk meminjam nama perusahaan teman yaitu Quantum Indonesia.

Karena masa sewa kantor di perkantoran Cempaka Mas telah berakhir, maka kantor kami pindahkan ke Apartement Cempaka Mas. Hanya setahun di sini - salah satu penyebabnya adalah uang sewa yang cukup mahal Tongue out - maka kami pindahkan ke Perkantoran Pulomas Satu (ini perkantoran kalau hujan besar maka banjir..kekeke)

Berangkat dari pengalaman semasa di Indovita, dimana pada saat itu kami hanya mengandalkan kepada exportir-exportir di Indonesia saja, dan belum berpikiran untuk mencari agent-agent forwarding di luar negeri, maka kami mulai aktif mencari agent-agent freight forwarding di seluruh dunia. Saat itu koneksi internet yang kami gunakan masih dial up. Jadi bisa dibayangkan bagaimana lelet dan mahalnya. Tapi tetap ada hasil. Salah satu adalah ada agent dari Colombo yang menominasikan shipmentnya ke Quantum, yaitu dari Colombo ke Surabaya. Merupakan kebahagian tersendiri bagi kami.

Walaupun sudah mulai mendapatkan beberapa agent forwarding tapi saat itu kami belum berpikiran untuk membuat website. Sampai akhirnya kami berpikir, perusahaan ini masih kecil, lalu bagaimana caranya supaya bisa orang banyak mengetahui keberadaan Quantum. Kalau membuat iklan ga mungkin deh..Jauh panggang dari api. Lalu kami sepakat untuk membuat website yang biayanya tidak usah terlalu mahal, asal hasilnya cukup bagus (-- ah, dasar orang Indonesia...mau yang murah dan bagus..Wink).

Lalu dimulailah gerilya mencari perusahaan web-design di rimba internet. Cari sana, cari sini, akhirnya ketemu dengan salah satu web-design yaitu Soebita.com. Proses dealing harga, bagaimana design-nya hanya via chatting dan sms. Saat itu kami bilang sama Pak Soebita, tolong bikin web-site yang tidak usah memakai terlalu banyak flash, atau gambar, yang penting proses downloadnya cepat, tampilannya tidak murahan dan yang penting adalah isinya /content. Pak Soebita berjanji untuk membuatkan website yang ramah SEO (saat itu saya tidak mudeng apa itu SEO,  kalo CEO saya tau..). Akhirnya deal, lalu dibikinlah website Quantum Indonesia seperti yang bisa dilihat di sini.  Bagi yang mau berhubungan dengan pak Soebita, di kanan atas dari blog ini ada banner beliau atau bisa mampir dari sini.

Setelah website ini jadi, maka kami mulai mencari-cari informasi bagaimana supaya web ini bisa dikenal dan bisa tampil di search engine utama, seperti Google, Yahoo, AOL, dll. Mulai lagi, cari-cari elmu dan nguprek-nguprek informasi di internet - bukan ke Gunung Kawi lho -  sambil tetap berkonsultasi dengan Pak Soebita (pokoknya matur nuwun lho pak..mau dengan sabar melayani kami). Cari tau apa itu SEO, traffic, keyword, meta tag, Alexa Ranking, dan lain sebagainya. Pokoknya ilmu-ilmu yang sungguh mati, sampai sekarang kami tidak menguasai 100%. Yang kami lakukan adalah promosikan di portal-portal bisnis luar negeri seperti Alibaba.com, Indonetwork.com, dll. Lalu intip perusahaan lain yang sejenis dimana posisinya di Google, kenapa bisa mereka ada muncul di halaman pertama, dan lain sebagainya. Oya, saat itu posisi Quantum di Alexa ada di sekitar 12 jutaan. Dari beberapa artikel yang saya baca kalau masih sebesar itu, maka itu artinya ada di halaman.....?? entah di halaman berapa...ngga keliatan...Sad.

Dari mulai mengganti meta tag, keyword, lalu aktif mempromosikan web-site Quantum di beberapa portal, yang kadang-kadang pada saat pengisian form, suka bo'ong - tapi dikit - misalnya dalam form itu ditanyakan jumlah karyawan, maka kotak yang diisi adalah 50 orang (padahal karyawannya di bawah 10..Embarrassed), maka mulai-lah ranking Quantum Indonesia menunjukkan kemajuan. Dulunya ada di 12 jutaan, maka saat ini sudah di bawah 2 jutaan, dengan PR-3, tepatnya sebagai berikut :

hasil dari Alexa (http://www.alexa.com) :

quantumindonesia.com
Quantumindonesia.com has a traffic rank of: 1,784,614

lalu hasil pencarian PR dari MyPageRank adalah sebagai berikut:

image

yang paling menggembirakan adalah hasil dari pencarian di search engine Google dengan salah keyword "freight forwarding', menggunakan browser Chrome tanggal 1 Oktober 2008, hasilnya muncul di halaman pertamaxx dari hasil pencarian 4,710,000 untuk keyword freight forwarding. Hasilnya bisa dilihat di bawah ini :

freight forwarding - Google Search 1-10

Kami tidak tau, apakah hasilnya bisa berbeda di luar sana, dengan menggunakan browser Firefox atau IE atau Opera, tapi hasil yang didapatkan per tanggal 1 Oktober 2008 adalah seperti di atas. Entah besok atau lusa, atau besok-besok bisa berubah..ga tau deh...karna perhitungan para ahli di Google susah ditebak..seperti kata pepatah dalamnya laut dapat diduga, perhitungan Google siapa yang tau <-- makanya artikel ini diposting hari ini, siapa tau hasilnya besok berubah...Open-mouthed).

Oya, logo Quantum Indonesia juga sudah mengalami perubahan dari yang lama :

Logo QI1 

menjadi :

Quantum125x125

Logo Quantum Indonesia yang baru ini merupakan hasil kerja keras dari salah satu rekan di komunitas TDA (Tangan Di Atas) yaitu Pak Asep Erwin. Jika ingin melihat hasil karya beliau atau menghubungi beliau bisa dari sini (pssssttt...dengan mengganti logo dan diolah sama Pak Asep, income Quantum ikutan naik lho...sedikit ber-iklan boleh dong).

Apakah dengan pencapaian ini kami puas? Di satu sisi ya, terutama dengan ilmu SEO yang kami miliki yang bisa dibilang minim, tapi bisa menempatkan posisi Quantum Indonesia di halamam pencarian Google di atas, kami cukup puas. Tapi kami tidak boleh terlena, yang walaupun dengan posisi seperti di atas, inquiry-inquiry yang datang entah dari negara mana pernah kami terima (pernah ada dari Azerbaijan), yang jika tidak diikuti dengan follow up yang bagus, maka hal ini bisa menjadi bumerang. Untuk itu kami tetap harus mawas diri dan mencoba memberikan yang terbaik.

Yang pasti setelah kami membuat website, lalu melakukan promosi maka bisa didapatkan hasil seperti ini.

Salam Sukses dari kami.

PS : blog-nya Quantum juga sedang diberi raport PR-3 oleh Om Google. Blog-nya ada di sini

1 komentar:

budi said...

Moga selalu SUkses bang,

n adong do lowongan disi bang!!