Chrome : Kecil dan Gesit...Perang Browser Dimulai

logo_sm Secanggih-canggihnya spec laptop ato PC yang kita miliki, kalau di dalamnya tidak dilengkapi dengan aplikasi browser internet...apa kata dunia..maksudnya apa jadinya? Ke laut aja deh..Browser internet merupakan salah satu terpenting yang bahkan mengalahkan program pengetikan dan aplikasi perkantoran lainnya. Apalagi, saat ini, teknologi internet sudah masuk generasi kedua (web 2.0) yang bisa secara simultan menampilkan e-mail, video, musik hingga aplikasi pengetikan.

Duluuuu...kita hanya mengenal Microsoft Internet Explorer (IE) yang dibundle dalam paket sistem operasi Windows. Memang ada yang lebih bagus dari IE, yaitu Safari, tapi ini berlisensi (proprietary) dan hanya bisa digunakan di sistem operasi Apple Malang Macinstosh.

Lalu datanglah si Firefox buatan Mozilla dengan konsep open source sehingga bisa diunduh gratis. Walaupun masih kalah jauh dibandingkan IE, tapi sampai kuartal pertama 2008, Firefox sudah diunduh 125 juta orang dan memiliki pertumbuhan yang paling cepat (kini sudah versi 3), terutama di Eropa dan Asia.

Nah, tanggal 3 September lalu, hadirlah browser baru yang tak boleh dipandang remeh. Namanya...jreng..jreng..Chrome. Asli buatan Google. Diluncurkan untuk menahan laju IE. Dari data GetClicky, hanya dua hari setelah diluncurkan, Chrome berhasil 'mencuri' dua persen pangsa pasar mesin penjelajah Internet. Demikian juga data di StatCounter. Sehari setelah dirilis, jumlah pemakai Chrome mencapai 1.1% dari 450 juta peselancar internet pada hari itu.

Lalu apa aja kira-kira kelebihan Chrome dibandingkan dengan browser lainnya. Diantaranya adalah :

  • Uji kecepatan JavaScript oleh CNet, Chrome meninggalkan browser lainnya. Browser ini melaju hampir lima kali lebih cepat dibandingkan Firefox 3.0.1. Dalam uji kecepatan di atas Sun Spider, Chrome juga dua kali lebih cepat ketimbang Firefox dan empat kali lebih dibandingkan Explorer.
  • Chrome menggabungkan address bar dengan search bar, yang diberi nama Omnibar, dimana bar ini bisa berperan ganda sebagai tempat penulisan alamat situs sekaligus mesin pencari.
  • Kemudian ada fitur Incognito, yang memberi keleluasaan untuk berselancar tanpa terekam jejaknya. Sehingga pada saat kita menutup Chrome, maka alamat IP dan cookies  dari situs-situs yang kita kunjungi tak akan direkam memori komputer.
  • Yang lainnya adalah soal kesederhanaan <! --Google emang ga jauh-jauh dari Simplicity--!> tampilan, dimana tampilan antar-muka sangat sederhana, sehingga menimbulkan kesan lego bin lega. Ga ada tuh deretan bar yang biasa ada di browser lainnya. Malah bar yang berisi menu pun tidak ada.
  • Chrome memaksimalkan fungsi tab yang berisi aneka informasi, seperti situs yang paling sering dikunjungi, search engine yang sering digunakan, alamat situs yang baru di-bookmark, hingga daftar bookmark.
  • Fitur tab dari Chrome menggunakan sistem blok kode (sandbox) terpisah, sehingga bila satu tab yang kita buka ternyata hang  atau  freeze, tab-tab  lain tetap akan berjalan normal (fitur ini belum ada di IE7, Firefox 3 dan Safari 3).

Tampilan Chrome :

google chrome

Walaupun demikian, bukan berarti Chrome menang di semua lini. Browser ini kurang bertenaga ketika harus mengakses situs yang lebih kompleks. Juga. pada saat mengakses situs-situs kelas berat, Chrome juga kelenger. Browser ini menyita memori komputer hingga 172,5 megabite. Masih lebih kecil ketimbang Explorer yang mencapai 189 megabite, tapi masih amat boros jika dibandingkan dengan Firefox yang hanya perlu 87 megabite.

Kehadiran Chrome dengan segala fitur uniknya akan memperketat kompetisi dunia persilatan per-browseran. Hal ini juga diakui oleh Microsoft dimana perseturuan tidak hanya berfokus pada Microsoft dengan Explorer-nya melawan Mozilla dengan Firefox atau Apple dengan Safarinya saja.

Tapi Firefox menganggap Chrome bukan ancaman bagi Firefox, apalagi Firefox 3.1 - yang akan dirilis tahun ini - juga akan dilengkapi dengan mode privasi seperti Incognito. Firefox menganggap Chrome merupakan sinyal kompetisi bagi Microsoft IE.

Microsoft juga sudah mengeluarkan IE 8 versi Beta - yang memiliki pemisahaan sandbox dan mode privacy - walaupun masih lebih lelet dan makan memori lebih dari Firefox. Apalagi dibandingkan dengan Chrome.

Yang jelas, Data Net Application menunjukkan dominasi Explorer dibanding dua bulan sebelumnya yang mencapai 75%. Firefox malah naik 18 persen.

Drama pertarungan baru dimulai......

Jika ingin download Chrome bisa di sini.

 

5 komentar:

Natalia said...

HiHi...
Aku udah pernah siy ngadu browser, green browser, maxton, safari, IE7, FF, sama chrome, sama cometbird..Tapi ujung2nya kembali ke FF, karena chrome masih BETA kali yach...jadi walaupun lebih ringan, gak tau kenapa aku masih kurang sreg..Kita lihat aja kalo udah final..Bisa jadi lebih GRENG..hehe..

Budiawan Hutasoit said...

Dear Natalia,
Yup..saya juga masih pake FF, krn ada beberapa add-on FF yang sangat membantu saya dalam browsing. Mungkin krn si Chrome masih BETA. Yang saya suka dari Chrome adalah tampilannya yg sangat minimalis..Tks for yr comment..

indonesiadua said...

bener bang, saya juga lagi jatuh cinta sama nih chrome, kebawa brand minded-nya bahwa product google pasti punya banyak kelebihan. Sayang masih beta...

Budiawan Hutasoit said...

@indonesiadua...tenang aja..pasti ga lama di posisi Beta...tau sendiri dong..Google gitu..

Anna 'dTeepZ said...

anna uda coba pake browser ene om, tapi koq kurang nyenengin tampilannya

masih trial kah ene om? lebih cepet mana sama firefox??