Pernah ngebayangin gedung yang bisa berputar gk sih?? Nah sekarang coba bayangin ada gedung yang bisa bergerak sesuai kemauannya sendiri, berputar 360 derajat, tidak cuma sekali, tapi bisa berkali - kali !! Gw bilang mah ini teh keren banget. Sebuah proyek ambisius di Dubai (lagi-lagi Dubai), yang pembangunannya bakal dimulai beberapa minggu ke depan.

THE DYNAMIC TOWER in Dubai, and then Moscow by Dynamic Architecture

Diperkenalkan di New York yang merupakan The World's First 'Building In Motion', yg disebut "Rotating Tower", didesain oleh arsitek Itali  : David Fisher. Bangunan tersebut diharapkan akan selesai pada 2010 di Dubai, kemudian di Moscow.

Nah Sekarang liat sendiri nih Gambar Pertamanya.

Dynamic Tower 1

Bangunan ini memiliki 80 lantai, dengan tinggi sekitar 420 m (hampir sama tingginya sama Menara Petronas). 10 lantai teratas akan digunakan untuk luxury villa style apartments, kemudian 35 lantai dibawahnya untuk residential suites, kemudian 15 lantai dibawahnya lagi untuk extravagant hotel dan 20 lantai terbawah untuk kantor dan pemasaran. Bangunan ini akan menjadi simbol baru bagi Dubai.

Gambar berikutnya :

Dynamic Tower 2 Dynamic Tower 3

Tower yang didesain dengan bersegmen-segmen tersebut mempunyai titik pusat, dan memungkinkan tiap lantainya untuk berputar secara independen pada kecepatan yang berbeda, secara terus menerus, menggunakan teknologi voice recognition, buat menentukan arah putarannya!! Hasilnya, pasti bikin gedung bentuknya jadi unik banget....ya kan!! Dan kerennya, bahasa untuk voice recognition ini diprogram agar bisa mengenali 'kiri' dan 'kanan' pada semua bahasa !!, sumpah keren abizzz!!

Dynamic Tower 4

Nah kalau  melihat gambar di atas, tower tersebut bakal menyediakan elevator mobil hingga ke lantai 80 !!

Dynamic Tower 5 
Tower tersebut berputar menggunakan "Energi Photovoltaic Cells" teknologi, dimana turbin angin cell-cellnya bakal diletakkan di permukaan tiap lantai.

Dynamic Tower 6

Dan kata si Fisher, di tower tersebut bakal ditempatkan 77 Turbin Angin !!

Dynamic Tower 7

Yang paling menarik, tower ini akan menjadi gedung pencakar langit pertama yang bahan-bahannya dibuat terlebih dulu (seperti mainan lego-lah), yang membuat saja ada 600 tim dari Itali, dan 80 tim yg diletakkan di lokasi pembangunan, disamping dari ribuan pekerja lainnya !

0 komentar: