Belajar Dari Semangat dan Gaya Hidup Waren Buffet

Siapa yang tidak kenal Waren Buffet? Orang kedua terkaya di dunia yang mendonasikan uang 31 milyar USD untuk sumbangan kemanusiaan. Menyimak gaya hidupnya yang sederhana sangat menarik, Mungkin udah banyak yang tahu or baca ini, tetapi mudah2an masih banyak hikmah yang bisa dipetik. Ini dia kisahnya yang dikutip dari wawancara dg CNBC :

1. Beliau membeli saham pertama pada umur 11 thn dan menyesal mengapa dia sangat terlambat untuk berinvestasi. Hikmahnya : adalah harga yang sangat murah untuk mendorong anak anda untuk berinvestasi sejak dini, daripada membayar ongkos mahal akibat kelakuan borosnya suatu saat nanti

2. Waren Buffet membeli peternakan kecil pada umur 14 tahun dengan tabungan dari hasilnya sebagai loper koran. Hikmahnya : Bisa beli sesuatu yang besar dari sedikit tabungan, doronglah anak Anda untuk berbisnis sejak dini.

3. Beliau masih tinggal di rumah dengan 3 kamar tidur yang dia beli sejak menikah 50 tahun lalu. Beliau hanya membeli sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Rumahnya tidak dikelilingi tembok dan pagar. Hikmahnya : Jangan beli lebih dari yang kamu butuhkan dan doronglah anak Anda untuk berbuat sama.

4. Beliau menyetir mobil sendiri dan tidak mempunyai sopir, juga pengawal yang mengitarinya. Hikmahnya : Anda bisa mandiri tanpa tergantung orang lain.

5. Waren Buffet tidak pernah bepergian menggunakan jet pribadi meskipun punya perusahaan jet pribadi skala dunia. Hikmahnya : Berpikirlah bahwa Anda bisa meraih sesuatu tetapi pola hidup tetap sederhana.

6. Perusahaan Berkshire Hathaway, miliki Waren Buffet terdiri 63 perusahaan. beliau hanya menulis 1 surat setiap tahun pada CEO nya yang berisi goal yang dicapai tahun ini. Beliau tidak pernah mengadakan meeting atau memanggil CEO secara rutin. Hikmahnya : Tugaskan orang terbaik untuk jabatan yang sesuai.

7. 2 aturan/rule untuk CEOnya :

1. Jangan sampai Anda kehilangan saham di perusahaan ini.

2. Jangan lupakan aturan 1 Hikmahnya : Set goal/tujuan dan biarkan bawahan Anda yang mencapainya.

8.Beliau tidak bersosialisasi dengan kalangan atas yang banyak dugem. Sesampai di rumah lebih banyak membuat pop corn dan menikmatinya di depan TV. Hikmahnya : Jangan menjadi pamer atau unjuk diri, jadilah diri Anda sendiri, dan lakukan apa yang disukai.

9. Waren Buffet tidak membawa handphone, bahkan tidak ada komputer dimejanya.

10. Bill Gates, orang terkaya di dunia pertama kali bertemu Waren Buffet membuat schedule pertemuan hanya 1/2 jam. Tetapi setelah bertemu meeting mencapai 10 jam. Bill Gates menjadi salah satu penggemar Waren Buffet.

Nasehat Waren Buffet buat kaum muda :

1. Tinggalkan kartu kredit, ingatlah selalu untuk berinvestasi

2. Buatlah hidup Anda yang simple

3. Jadilah orang yang kreatif untuk mencetak uang

4. Jangan lakukan apa yang orang lain bilang tetapi dengarkan, dan lakukan yang dianggap terbaik

5. Jangan terpaku pada merk, gunakan sesuatu yang memang enak dipakai 6. Jangan buang uang Anda untuk sesuatu yang bukan kebutuhan

0 komentar: