Sinyal Resesi di AS Makin Kuat

Tanda-tanda bahwa di AS kemungkinan sudah mengalami resesi, ditandai dengan jumlah pengangguran yang bertambah 80.000 orang di bulan Maret 2008. Departemen Tenaga Kerja AS mencatat, penurunan jumlah pekerjaan ini lebih buruk dari prediksi pasar sebesar 60.000. Tingkat pengangguran ini lebih banyak di sektor konstruksi dan manufaktur.

Jumlah penganguran di AS meningkat menjadi 5,1% di bulan Maret, persentase ini merupakan yang tertinggi sejak September 2005. Pada bulan Februari 2008, tingkat pengangguran tercatat sebesar 4,8%. Dengan demikian selama triwulan I-2008, di AS per bulan tercatat ada 77.000 pengangguran.

Menurut Rudy Narvas dari lembaga analisis Cast, angka di atas sangat buruk. Sebelumnya ada debat apakah kami sedang mengalami masa resesi atau tidak, tetapi dengan angka ini saya kira memastikan bahwa memang ada resesi.

Simbol-simbol angka ini semakin mempertegas sinyal resesi di AS, setelah sebelumnya Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke mengakui kemungkinan resesi dalam pernyataannya di depan Kongres AS pada awal pekan lalu.

0 komentar: