Tiga Skenario Proses Kiamat Bumi Sudah Dimulai

proses kiamat dan akhir zaman bumi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kiamat adalah hari akhir zaman dimana dunia seisinya rusak binasa dan lenyap. Apakah manusia dapat memprediksi kapan terjadinya kiamat? Sepertinya tidak ada manusia yang bisa memprediksi kapan hari kiamat akan terjadi. Namun, menurut tim ilmuwan dari Munich, Jerman, proses kiamat bisa jadi sudah dimulai. Bagaimana bisa?

Tim ilmuwan fisika bernama 'Kurzgesagt' tersebut mengatakan bahwa tiga skenario besar kiamat sudah dimulai, dan alam semesta kini dinyatakan sudah memasuki tahap awalnya. Ketiga skenario kiamat tersebut menurut fisikawan Kurzgesagt adalah 'big rip', 'big crunch', atau 'big freeze'. Salah satu skenario kiamat itu dikatakan bakal terjadi pada jagad raya.

1. Proses Kiamat Bumi - Big Rip

Menurut skenario 'BIG RIP', alam semesta akan terus tumbuh dan semakin cepat tiap harinya. Dr. Mat Pier dari Universitas Portmouth mengatakan bila dalam kurun waktu 5 miliar tahun terakhir, alam semesta mulai tumbuh dengan sangat cepat akibat kemunculan energi misterius yang disebut 'dark energi'.

Alam semesta diprediksi akan tumbuh tak terkendali dengan kecepatan setara kecepatan cahaya. Akibtanya galaksi, bintang, hingga planet seakan tercabik-cabik hingga musnah tak tersisa.

2. Proses Kiamat Bumi - Big Crunch

Sementara itu, pada skenario kedua atau 'BIG CRUNCH', gravitasi dikatakan berubah menjadi sumber kekuatan terbesar di alam semesta. Akibat meningkatnya kekuatan gravitasi, pertumbuhan alam semesta akan berhenti.

Setelah itu alam semesta berhenti tumbuh dan cenderung mengecil. Dampak 'big crunch' pun besar, galaksi-galaksi dan planet-planet dipercaya bakal saling bertabrakan. Tanda dimulainya kiamat.

skenario proses kiamat bumi 'big crunch'

Meskipun kebalikan dari 'big rip', terdapat indikasi awal kiamat 'big crunch' sudah dimulai. Salah satu buktinya adalah mendekatnya galaksi Andromeda ke galaksi Bima Sakti karena gaya gravitasi antar galaksi yang meningkat.

3. Proses Kiamat Bumi - Big Freeze

Skenario kiamat terakhir, sekaligus yang paling mematikan adalah 'BIG FREEZE'. Saat alam semesta sedang tumbuh, benda-benda di dalamnya mulai menua, hancur, dan berubah menjadi energi atau radiasi, contohnya hancurnya sebuah bintang.


Apabila bintang di alam semesta mulai hancur, termasuk matahari, manusia tinggal menunggu apakah bumi akan membeku akibat kehilangan matahari atau terbakar akibat ledakan radiasi yang dihasilkan oleh ledakan bintang raksasa lain yang jumlahnya miliaran di alam semesta.

skenario proses kiamat bumi 'big freeze'

Skenario kiamat ini pun sudah dimulai. Hal ini terlihat dari umur matahari yang semakin menua dan kehabisan energi utamanya, hidrogen.

Dari tiga skenario proses kiamat bumi di atas, kira-kira skenario kiamat mana yang bakal menghentikan kehidupan di alam semesta?
arrow_down_thumb5B15D1_thumb1

1 komentar:

Unknown said...

Ya Tuhan skenario mana pun saya tidak ingin hal ini terjadi (walaupun akhirnya pasti akan terjadi) saya harap umur saya tidak sepanjang itu. Saya tidak ingin merasakan betapa mengerikannya jika hal itu terjadi :(
Ijinkan saya meninggalkan jejak di sini ya?
Sewa kantor Get Realty
rental mobil jogja semberani
Terimakasih