Scam Apple Corporation : HP iPhone3G - Gratis

Pernah dapat email dari Apple Corporation yang diforward oleh teman-teman anda seperti di bawah ini? Email berantai yang saya terima dari orang yang mem-forward ke saya malah menambahkan : "Rekan-rekan, gak ada salahnya dicoba..cuma gratis ini..Ada beberapa temen di kantor yang udah dapet lho..."

Hahaha...Memang ngga ada salahnya, tapi mbok ya di cek dulu..Satu, jelas-jelas alamat emailnya  bla bla at mail2europe.com. Masak sih tidak menggunakan alamat email dengan domain perusahaan sendiri? Emang perusahaan segede Apple ngga punya domain? Kedua, apa hubungannya Apple Corporation dengan iPhone? Di Wikipedia disebutkan Apple Corps adalah "multi-armed multimedia corporation founded in January 1968 by British rock band The Beatles to replace their earlier company (Beatles Ltd.) and to form a conglomerate. Kalau perusahaan elektronik & komputer jelas-jelas adalah Apple Inc.

Jelas ini adalah SCAM!.

From: Jakarta Promotion <applecorpjkt@mail2europe.com>
Subject: GRATIS - HP iPhone3G dari AppleCorp
To: <undisclosed-recipients>
Cc:
Pelanggan yang terhormat,
Kami beritahukan kepada seluruh pelanggan bahwa perusahaan kami, Apple Corporation yang berkantor pusat di Cupertino, California US membuka kantor pemasaran di Jakarta, Indonesia.
Produk yang kami pasarkan adalah Hand Phone tipe iPhone3G yang dilengkapi dengan teknologi GPS, Wi-Fi, bluetooth, video-audio, camera-photo, 16GB flash drive capacity, dll.
Details produk kami silakan kunjungi: http://www.apple.com/iphone/specs.html
Untuk peluncuran perdana di Indonesia, kami akan memberikan secara gratis produk terbaru HP iPhone3G yang dilengkapi features seperti diatas.
Dengan memberikan iPhone3G ini, kami berharap akan mendapatkan umpan balik yang berharga dari para pelanggan dan mendapatkan efek promosi berantai yang besar.
Yang harus anda lakukan adalah:
-  Fowardkan pesan ini kepada 20 orang teman. Setelah 2 minggu waktu pengiriman, anda akan menerima sebuah iPhone3G. Sebelumnya kami akan mengontak anda untuk alamat detail pengiriman, atau
-  Forwardkan pesan ini kepada 40 orang, anda akan menerima 2 produk: 1 bh iPhone3G + 1 bh iPod classic berkapasitas 120GB. Detail produk iPod classic kunjungi: http://www.apple.com/ipodclassic
Harap dikirimkan sebuah copy / Cc email kepada: applecorpjkt@mail2europe.com agar kami mengetahui bahwa anda telah memforward pesan ini.
Hormat kami,
Julia Christvanie
Regional Sales Manager
Apple Corporation – Jakarta  Office
Sudirman Square Office Tower, Tower B Lt. 23
JI. Jend Sudirman Kav. 45-46 Jakarta Selatan 12930
Email: applecorpjkt@mail2europe.com

Pakailah helm di kepala...

Helm...siapapun tau dan kenal benda ini, termasuk saya. Helm merupakan bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan atau dipakai di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin atau plastik. Ada helm yang digunakan untuk keperluan militer, untuk olahraga, pertambangan maupun berkendara. Umumnya pengendara sepeda motor pasti menggunakan helm, seperti para pemudik yang mudik dengan sepeda motor pada saat Idul Fitri kemaren. Bahkan untuk melindungi pengendara sepeda motor di Indonesia, telah dibuat undang-undang tentang kewajiban memakai helm bagi pengendara sepeda motor. Undang-undang No. 14 tahun 1992 Pasal 61 ayat (3) dan PP no. 44 tahun 1993 mensyaratkan bagi semua pengendara sepeda motor dan penumpangnya untuk memakai/mengenakan helm di kepala. Penumpang yang tidak memakai helm - di kepala - dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan, atau denda sebesar Rp.1.000.000 (satu juta rupiah). Undang-undang ini menegaskan bahwa helm itu dikenakan/dipakai di kepala bukan di anggota tubuh lainnya.

Entah pengendara ini tidak mengetahui isi undang-undang tersebut di atas, atau helm yang dimiliki  baru dibeli sehingga sayang dikenakan/dipakai di kepala, maka inilah yang terjadi...

helm_dikepala 
Sumber foto: koleksi pribadi

Janji Joko Anwar telanjang di Circle K - Bintaro Jakarta
Anda memiliki akun di Twitter? dan ingin menambah jumlah pengikut (follower) yang banyak dalam waktu yang singkat? Kalau iya, cobalah ikuti tips yang digunakan oleh Joko Anwar - sutradara ternama yang pernah menyutradarai film "Janji Joni" - dengan memposting tweet di twitternya sebagai berikut : : "If I got my 3000th follower today, I'll go into a Circle K naked". Tweet ini diposting hari Selasa (23/09/2009) jam 14.00 WIB. Dan...BUMM!!  satu jam setelah itu, jumlah pengikut (follower) Joko Anwar menembus angka 3 ribu, dan bahkan sampai Selasa malam sudah mencapai hampir 13 ribu.

Mau tidak mau, Joko Anwar harus menepati janjinya, untuk telanjang. Rabu dinihari, dengan ditemani beberapa temannya, maka mereka mencari lokasi "Circle K" yang tepat untuk melaksanakan 'aksi'nya. Dari beberapa lokasi "Circle K", maka dipilihlah "Circle K" di kawasan Bintaro. Setelah dua jam menyiapkan diri, maka beraksilah Joko Anwar dengan memasuki minimarket 24 jam tersebut tanpa sehelai benang a.k.a telanjang. Sekitar pukul 00.30 WIB, Joko Anwar pun memposting foto aksinya di Twitter : "A promise is a promise, Mr. Politicians!," tulis Joko Anwar dengan disertai foto bugilnya. Hahaha...Well done Joko!... Selamat...Anda tidak seperti politisi yang hanya bisa menebar janji, tapi jarang menepati janji. Kira-kira saya atau teman-teman ada tidak yang senekat Joko Anwar ini untuk telanjang di Circle K? hehe...
Sumber : detik.com
Facebook : 300 juta pengguna, siapa yang tak tergiur
Facebook

Minggu lalu saya mengunjungi toko buku Gramedia yang terletak di Mal Paladium, Medan. Setelah berkeliling dari satu rak buku ke rak buku lain, maka saya menemukan satu rak yang keliatannya dibikin khusus untuk memajang buku-buku yang membahas mengenai Facebook. Mulai dari yang terkesan dibikin asal-asalan sampai yang digarap serius, dari yang membahas Facebook secara umum sampai yang mencari duit melalui Facebook. Cukup kaget juga melihat begitu banyaknya buku-buku yang 'membicarakan' Facebook. Facebook memang sangat popular dan fenomenal.

Saya tidak tau, apakah Mark Zuckerberg pada saat mendirikan Facebook pertama kali, pernah membayangkan kalau situs jejaring sosialnya ini bisa menjadi besar seperti saat ini. Padahal diawal berdirinya (4 Februari 2004) di sebuah kamar asrama Harvard, Facebook hanya diperuntukkan untuk siswa Harvard College. Yang kemudian terus berkembang ke perguruan tinggi lainnya, sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Dan sejak 11 September 2006, orang dengan alamat email apapun dapat mendaftar di Facebook.

Facebook telah menjadi salah satu tujuan internet yang paling populer dan semakin menyaingi perusahaan internet besar lainnya, seperti Yahoo Inc dan Google Inc. Di Alexa.com di antara 500 top sites (per tanggal artikel ini dibuat), Facebook menduduki peringkat no. 2, di bawah Google dan di atas Yahoo! (http://www.alexa.com/topsites)

Tahun lalu (2008) pengguna Facebook hanya sekitar 100 juta orang. Saat ini, penggunanya meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya, yaitu 300 juta orang. Dahsyat! Satu jumlah pengguna yang melebihi jumlah penduduk Indonesia, dan malah sudah bisa membentuk negara sendiri.

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, maka bagi kalangan bisnis, Facebook merupakan lahan bisnis yang menggiurkan. Ibarat gadis cantik nan aduhai, maka banyak perusahaan yang ingin mendekati dan jika perlu meminangnya. Dengan memanfaatkan Facebook - melalui iklan - praktis produk kita akan semakin dikenal di seantero dunia. Bahkan menurut saya, Blackberry layak berterimakasih kepada Facebook, karna Facebook turut meningkatkan penjualanan Blackberry, sampai anak-anak sekolah ber-BB-ria. Fenomena ini kemudian dimanfaatkan oleh produsen-produsen handphone lain, untuk memproduksi handphone dengan prinsip : mirip Blackberry dan 'mencangkokkan' Facebook di handphonenya. Info lainnya, di bulan Mei 2009, Facebook mengumumkan adanya investasi US$200 juta dari Rusia Digital Sky Technologies dalam sebuah kesepakatan. Ini meningkatkan nilai saham Facebook menjadi US$10 miliar. Sekitar US$6,5 miliar dari nilai tadi untuk saham yang dimiliki karyawan Facebook. 

Inovasi baru terus dikembangkan oleh Facebook, untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitornya. Bahkan mereka menggandeng Vivox - satu perusahaan yang berbasis di Boston yang menyediakan layanan suara terintegerasi untuk dunia virtual - untuk membuat fitur bagi pengguna Facebook sehingga dapat berkomunikasi suara (voice chat). Fitur ini akan menambah fitur-fitur lainnya yang sudah dinikmati oleh pengguna Facebook selama ini seperti microblooging, messenger, mail, image/photo sharing, video sharing, notes untuk blooging, searching, internet marketing, games, dan lain sebagainya.

Menarik untuk disimak, inovasi-inovasi selanjutnya yang akan dikembangkan oleh Facebook agar situs jejaring sosial ini dapat terus bertahan dan tidak ditinggalkan oleh penggunanya. Tanpa inovasi maka Facebook bisa saja bernasib seperti saudara tuanya Friendster. Lalu, bagaimana kita menyikapi fenomena Facebook ini? Bagi saya, walaupun ada sisi negatifnya, ambil yang positipnya saja. Jika saya dapat memanfaatkan Facebook untuk memasarkan produk saya, kenapa tidak? Jika saya dapat menemukan teman-teman lama yang tidak pernah ketemu melalui Facebook, kenapa tidak. Jika saya dapat menambah jaringan bisnis melalui Facebook, kenapa tidak. Bagian yang negatif...buang ke laut aja..hehe.

Bagaimana menurut kalian teman-teman blogger dan facebooker?

Award dari Lyla

Ini award dari Lyla Fitri, salah satu teman blogger yang baik hati di Jogja, yang suka mengajari saya bahasa Jawa. Mbak ini ngasih tau (baca mengingatkan..hehe) mulai dari sebelum Lebaran, kemudian pas dia lagi mudik dari Jogja ke Cilacap, trus pas sudah di Cilacap. Infonya saya terima di kotak teriak alias Shoutmix dan juga di "wall" Facebook saya. Sampai Award ini naik cetak, oleh-oleh yang saya minta dari Cilacap yaitu Benteng Pendem, belum juga saya terima Open-mouthed.

Matur nuwun ya mbak....

award1_Lyla award2_lyla Award3_Lyla Award4_Lyla

Opera Mini 5 Beta bak Opera yang 'Sesungguhnya'
Opera_Mini_5_Beta

Pengguna Opera Mini di dunia mencapai sekitar 20 juta unique user. Sedangkan di Indonesia, pengguna browser untuk perangkat genggam ini melonjak 312 persen dalam setahun. Data tersebut adalah bagian dari laporan State of The Mobile Web pada Januari 2009. Disebutkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna tertinggi di antara 10 negara teratas. Tercatat pengguna Opera Mini di Indonesia mencapai 312,08 persen dengan rata-rata halaman yang dibuka 507 halaman per pengguna. Berkaca pada geliat tersebut, tak ayal Opera semakin memperbaiki fitur-fitur browser mereka melalui Opera mini 5 beta yang baru saja dirilis.

Kejutan Baru
Saat dijajal detikINET, software mobile browser berbasis J2ME tersebut menunjukan beberapa perubahan tampilan. Setelah selesai menginstal file JAR yang berukuran 220 Kb, tampilan loading pembuka awal kini berlatarkan warna hitam, bukan putih seperti sebelumnya. Tak hanya itu, kami dikejutkan dengan perubahan tampilan speed dial, yang kini mirip dengan versi desktopnya. Yang membuat mobile browser ini terasa lebih segar adalah tampilan 9 buah thumbnails yang mirip dengan Opera 10 pada desktop. Apalagi dengan tabbed browsing, yang membuat pengguna dapat membuka beberapa website sekaligus di waktu yang bersamaan. Tentunya ini adalah hal baru, yang tak terdapat pada versi Opera Mobile sebelumnya. Di samping itu, tampilan menu yang dulu Ada di sisi kiri bawah kini digantikan dengan menu di posisi atas, yang didesain menyatu dengan tombol back, forward, refresh dan exit, semuanya dibalut dalam benaman warna hitamnya. Terkesan sangat simple memang.

Sementara untuk opsi pengaturan (setting), ada tampilan baru yang desainnya cukup menarik. Selain itu pengguna juga dapat merasakan fitur search untuk memudahkan pencarian. Saat Opera Mini 5 beta digunakan untuk mengakses beberapa situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter atau beberapa aplikasi sejenis lainnya, Opera Mini dapat mengingat password pengguna dengan fitur Password manager yang diusungnya. Alhasil, fitur ini sangat cocok digunakan para pengakses internet mobile, kapanpun dan dimanapun. Apalagi dengan pointer baru, yang tak terdapat di versi sebelumnya.

Copy Paste Tulisan
Opera Mini 5 versi beta juga dapat digunakan untuk melakukan copy-paste pada sebuah teks di halaman web. Caranya pun sangat mudah, seperti pada iPhone. Tekan dan tahan tombol 'utama' (atau tombol tengah) pada sebuah teks, hingga muncul tulisan 'select text'. Setelah itu pilih awal dari teks yang akan di copy-paste, hingga selesai. Jika sudah pilih 'use', maka akan ada opsi baru seperti 'Copy', 'Search' atau 'Search With'.

Fitur ini mungkin cocok bagi kalangan blogger dan sejenisnya. Dengan kombinasi tab browsing dan fitur copy-paste ini, pengguna dapat melakukan hiperlink text secara mudah. Sayangnya saat dijajal detikINET, hal ini hanya dapat dilakukan internal dalam Opera Mini 5 beta. Artinya sebuah teks halaman web, hanya dapat di copy-paste ke tab lain, yang masih ada dalam aplikasi Opera Mini 5 beta. Saat sebuah teks halaman web dicopy ke luar aplikasi, seperti office suite atau notepad, hal itu tak bisa dilakukan. Sungguh sangat disayangkan.

Walau masih dalam tahap versi beta, dengan fitur-fitur baru tersebut kegiatan mobile browsing dengan Opera Mini menjadi lebih berasa, layaknya Opera 'sesungguhnya'. Kita tentu berharap, Opera segera memperbaiki kelemahan dan menyempurnakan keunggulan fitur-fitur tersebut. Jika berminat pengguna dapat mengunduh pada link berikut.

Sumber: detiknet.com

Menguji bayi ala Tibet
Tibet_Baby

"Di tempat yang lebih tinggi orang membenamkan bayi-bayi yang baru lahir di sungai-sungai yang airnya sedingin es untuk menguji apakah bayi-bayi itu cukup kuat untuk hidup. Sering saya melihat iring-iringan kecil orang menuju ke sungai kecil serupa itu, mungkin di ketinggian sekitar 5.200 meter di atas permukaan laut. Iring-iringan itu akan berhenti di pinggir sungai, dan sang nenek akan mengambil bayinya. Di sekitarnya berkumpul keluarga bayi tersebut : ayah, ibu, dan keluarga terdekat. Pakaian si bayi dilepas, kemudian sang nenek membungkuk dan membenamkan tubuh mungil itu ke dalam air, sehingga hanya kepala dan mulutnya saja yang tampak. Di dalam air yang dingin menggigit tersebut tubuh bayi itu berubah menjadi merah, lalu biru, dan tangisannya seakan memprotes berhenti. Bayi itu keliahatannya sudah meninggal, tetapi sang nenek sudah mempunyai banyak pengalaman dengan hal-hal seperti itu. Si kecil lalu diangkat dari air, dikeringkan, dan diberi pakaian. Jika sang bayi bertahan hidup, maka itu adalah kehendak para dewa. Jika meninggal, berarti ia telah dibebaskan dari penderitaan di dunia ini. Cara ini bisa diterima di negeri yang sangat dingin ini. Jauh lebih baik bayi-bayi itu meninggal daripada mereka nantinya tumbuh menjadi orang-orang cacat yang tak terobati di negeri di mana bantuan medis sangat langka ini."

Kesannya kejam ya. Tapi begitulah cara orang di Tibet dalam menguji bayi-bayi apakah cukup kuat untuk hidup atau tidak. Cuplikan cerita di atas saya ambil dari buku yang berjudul "Mata Ketiga" oleh Tuesday Lobsang Rampa. Buku yang menceritakan khasanah rohani Tibet dan misterinya.

Dalam bukunya T. Lobsang Rampa menyebutkan, di Tibet tidak ada tempat bagi orang-orang yang lemah. Lhasa berada pada ketinggian 3.600 meter di atas permukaan laut, dan memiliki suhu yang sangat ekstrem. Distrik yang lain letaknya bahkan lebih tinggi lagi dan keadaannya lebih sulit. Orang-orang yang lemah bisa membahayakan yang lain. Karena alasan inilah, dan bukan karena bermaksud kejam, latihan-latihannya sangat keras.

Jadi tindakan atau perlakuan yang bagi orang lain bisa dianggap kejam, tapi bisa saja dianggap hal yang lumrah dan bahkan keharusan karena kondisi dan situasi yang mengharuskan demikian. Saya tidak mengetahui apakah saat ini, cara di atas masih tetap dijalankan di Tibet atau tidak. Untung aja di Indonesia tidak ada cara menguji bayi ala Tibet ini. Kalau ada, wah gawat...hehe. Don't try this at home ya..

Picture: mountainguides.com

Kopi Singatoba di Cafe Nespresso, Praha
Cafe_Nespresso

Jika membicarakan kopi dari Sumatera Utara, maka nama kopi Sidikalang pasti sudah tidak asing lagi. Kopi ini sudah sangat terkenal akan cita rasanya, bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Tapi kalau disebut kopi Singatoba, pasti banyak yang akan bertanya-tanya, termasuk saya. Secara tidak sengaja saat saya membaca salah satu koran lokal, maka terbacalah artikel kopi Singatoba. Dan ternyata kopi yang berasal dari tanah Batak ini sudah melanglang buana ke Ceko. Informasi mengenai kopi Singatoba ini masih sedikit, saya sudah googling tapi minim sekali informasinya.

Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, kopi Singatoba ini diluncurkan di Ceko oleh Nespresso. Tepatnya di Café Nespresso, Praha, Kamis (3/9), yang dihadiri oleh  sejumlah wartawan media cetak dan elektronik serta pecinta kopi. Peluncuran kopi tersebut dibuka oleh Josef Voltr, manajer Café Nespresso. Menurut pihak KBRI Praha, yang diwakili oleh Azis Nurwahyudi, kopi adalah salah satu produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing dengan produk dari negara lain.

Pihak Nespresso memberikan nama unik untuk kopi ini yakni Singatoba karena terinspirasi oleh hiasan ornamen yang ada pada rumah-rumah penduduk di daerah sekitar Danau Toba. Ornamen itu pula yang menjadi lambang kopi yang diproduksi oleh Nestle ini. Di acara peluncuran kopi Singatoba ini, Michaela Illikova, seorang ahli kopi, menjelaskan asal usul kopi Singatoba dari cara panen sampai proses pembuatannya yang tidak saja khas tetapi juga unik. Biji kopi ini hanya dipanen oleh para perempuan, ditempatkan di keranjang anyaman, dicuci, kemudian dijemur di bawah matahari. Selain itu biji kopi ini juga diproses melalui fermentasi tanpa udara. Hadir juga Petr Simecek warga Ceko yang pernah berkunjung ke Indonesia yang menceritakan pengalamannya berpetualang di perkebunan kopi di Sumatera di mana biji kopi tersebut berasal.

Ada rasa bangga karena nama Indonesia atau nama danau Toba dijadikan nama kopi ini, tapi agak disayangkan bukan orang Indonesia yang terinspirasi dan menjual kopi ini. Seharusnya kita mampu dan bisa memiliki jaringan kopi yang mendunia seperti Nespresso atau Starbuck, yang notabene kopinya sebagian besar berasal dari Sumatera Utara. Selain kopi dari Sumatera Utara, kita juga memiliki sumber kopi yang sangat bagus, misalnya kopi Toraja, kopi dari Aceh, Lampung, Bali, dan lain sebagainya. Kita yang memiliki kopi, tetapi 'mereka' yang mendapatkan nilai tambah yang lebih banyak.

Mudah-mudahan satu saat nanti Indonesia bisa memiliki jaringan kopi seperti Nespresso atau Starbuck yang menggurita kemana-mana, dengan mengusung nama lain selain kopi Singatoba.

I love coffee!

Sumber gambar: vfcampaignny.com

Trans Studio Theme Park : Megaproyek di Makassar
Trans_Studio_Theme_Park

Saya bukan pendukung Jusuf Kalla (JK) pada saat Pilpres kemaren, tapi saya angkat topi dan salut kepada JK yang bersama-sama dengan Chairul Tanjung (CT) akan mendirikan kawasan wisata terpadu terbesar di Makassar, Sulawesi Selatan.

Proyek ini bisa dibilang Megaproyek, karena di dalam kawasan wisata terpadu ini, akan ada hiburan indoor terbesar di Asia. Total, kawasan terpadu ini luasnya 24 hektar dan terletak di Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan. Total investasi yang dibutuhkan lebih dari Rp. 3 triliun. Di megaproyek ini, Chairul Tanjung dan Jusuf Kalla mendirikan perusahaan patungan, PT. Trans Kalla Makassar (TKM). Chairul Tanjung melalui Para Group menanggung biaya proyek, sedangkan Kalla Group menyediakan lahan. Sumber pendanaan berasal dari pinjaman BRI (50%) dan sisanya dari utang bank lain serta kas internal perusahaan.

Tahap awal yang akan diresmikan adalah Trans Studio Theme Park yang kalau tidak salah akan diresmikan pada tanggal 9 September 2009 (09.09.09) jam 09.09 Wita (waktu Indonesia tengah). Taman ini merupakan taman hiburan indoor yang menyediakan lebih dari 20 permainan (dan terus bertambah) serta dilengkapi banyak fasilitas seperti shopping mall, restoran, hotel, dan marina (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1727709).

Menurut Chiral Tanjung - adik Chairul Tanjung - setelah peresmian Trans Studio Theme Park, maka akan dilanjutkan dengan Trans Studio Walk (pusat perbelanjaan) yang direncanakan beroperasi mulai bulan Juni 2010. Kemudian akan diikuti dengan fasilitas berikutnya yaitu, Trans Hotel dan Residential dengan fasilitas rekreasi pantai. Chairal optimistis proyek ini akan menguntungkan, karena menilai "Kota Angin Mamiri" ini berprospek cerah. Rencananya, harga karcis masuk ke fasilitas ini rata-rata Rp 100.000 per orang.

Semoga langkah yang telah ditempuh oleh Pak JK dan Pak CT dapat diikuti oleh para pengusaha swasta nasional lainnya untuk mengembangkan kawasan industri sejenis di propinsi lainnya. Karena dengan semakin banyak proyek yang dijalankan di Indonesia, maka akan semakin banyak tenaga kerja yang akan diserap, sehingga tidak perlulah orang Indonesia menjadi TKI di negara lain (gaji tak dapat, disiksa pula). Melalui proyek ini kita harapkan juga, agar semakin banyak proyek-proyek (megaproyek) lainnya dikembangkan di luar Pulau Jawa. Terutama yang bersifat hiburan, sehingga orang-orang tidak hanya datang atau hanya mengetahui Taman Impian Jaya Ancol saja, misalnya. Orang di luar pulau Jawa juga butuh hiburan tokh..hehe.

Selamat buat Pak Jusuf Kalla dan Pak Chaerul Tanjung, semoga semakin sukses. Jangan lupa daerah/propinsi lainnya ya pak.

...dari berbagai sumber..
Sumber gambar : http://enjoy-makassar-id.blogspot.com