Pemilu - Angin Surga dan Golput
pemilu2009

Sepucuk email nyelonong masuk ke inbox saya, dari sahabat lama semasa kami masih kerja di perusahaan NOL/APL-Jakarta. Isinya menanyakan apakah masih di Medan atau tidak. Jika ia, maka ia minta untuk support istrinya yang kebetulan jadi Caleg DPR RI Dapil Sumut 1. Wah saya langsung ingat, bahwa tahun ini Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi 5 tahunan yaitu Pemilihan Umum atawa Pemilu. Berarti tahun ini akan banyak 'angin surga' yang beterbangan dari Sabang hingga Papua. Akan-kah 'angin surga' ini masih menjadi daya pemikat bagi para pemilih untuk ikut Pemilu atau bahkan Golput yang akan menjadi jawara?

Golput? ia Golongan Putih.

Fenomena golput menjadi menarik, karna di Pemilu 2004 jumlah golput sebanyak 34,5 juta, sedangkan di Pemilu 1999 'hanya' 12.3 juta. Satu angka kenaikan yang sangat tajam. 'Kemenangan' golput ini juga terjadi di Pilkada Sumut dan Jatim dan di sejumlah daerah lainnya. Menurut survey LSI jumlah Golput di Jatim sebesar 40%. Cukup besar.

Apakah karena adanya peningkatan angka golput ini dan adanya indikasi/kecenderungan angka golput juga semakin meningkat di Pemilu 2009 sehingga baru-baru ini MUI sampai mengeluarkan fatwa bahwa golput adalah haram? Saya tidak tau dan kurang paham soal fatwa MUI ini.

Tapi kenapa ya orang memilih menjadi golput. Ada beberapa alasan. Bisa jadi karena urusan teknis, misalnya masalah admistrasi baik yang tidak disengaja maupun yang disengaja yang menyebabkan banyak pemilih yang tidak terdaftar. 

Lainnya adalah masalah non-teknis. Masyakarat menjadi apatis terhadap siapa yang akan dipilihnya. Karna masyarakat melihat banyak dari pemimpin dan anggota legislatif yang tidak menjadi wakil mereka. Bahkan sibuk dengan urusan partainya dan dirinya sendiri. Banyak yang terseret kasus korupsi. Sering kita baca di media cetak, bahwa Senayan sudah menjadi show room mobil mewah dari anggota legislatif yang terhormat. Banyak yang tidak memberikan teladan. Sering bolos pada saat sidang. Kalaupun ikut sidang...molor...hehe. Padahal mereka sudah digaji gede, dimanja dengan berbagai fasilitas, yang semuanya dari rakyat. Sering melakukan studi banding yang kelihatannya hanya kamuflase untuk menghabiskan anggaran. Studi banding koq bawa istri, aa, teteh, tante, om, paman, pak RT...supir-pun kalo perlu dibawa..hehe. Kelakuan mereka ini melukai hati rakyat yang sudah memilih.

Coba lihat pada saat kampanye. Sampe berbusa dan bahkan ludah muncrat kemana-kemana mereka mengobral 'angin surga'. Pilihlah aku, kata si anu, karna kalo aku terpilih maka aku akan bikin sekolah gratis. Gratis mbah-mu.. Coba lihat banner yang sekarang ini tertempel di pohon, tembok, bajaj, angkot, beca (kalo bisa nempel di jidat)  seantero Indonesia. Semua berusaha menjadi kecap nomor satu. Rame pisan..

Yang lucunya ya para caleg tahun ini seperti kebakaran jenggot. Kalau dulu mereka yang sudah dapat nomor peci tinggal tenang-tenang aja dan pasti melangkah ke Senayan. Eh, tahun ini hitungannya bukan berdasarkan nomor peci atau nomor sepatu tapi berdasarkan suara terbanyak. Bisa dibayangkan misalnya caleg yang dicalonkan di satu daerah tapi malah tidak pernah ke daerah tersebut dan bahkan nama dan tampangnya aja tidak dikenal di daerah tersebut, maka siap-siaplah tidak mendapat suara. Atau kalau mau mendapatkan suara harus mengeluarkan 'gizi' yang lebih banyak untuk kampanye dan pasang iklan.

Dalam bisnis ada dinamakan 4 P dan salah satu dari unsur 4 P adalah Produk. Maka jika kita ingin pembeli/pelanggan kita banyak maka kita wajib mem-produksi satu produk yang bagus. Jika produk kita bagus pasti pembeli akan datang dengan sendirinya. Tapi kalau produk kita butut atau abal-abal, jangan heran pembeli menjauh.

Sama halnya dengan pemilu. Berikan-lah produk (caleg) yang berkualitas, tidak om-do, berpihak kepada rakyat (bukan partai), jujur (mudah-mudahan masih ada), pasti pembeli (rakyat) akan datang berbondong-bondong untuk membeli (memilih). Tidak perlulah sampai mengeluarkan fatwa golput itu haram. Rakyat sekarang sudah pintar dan tidak gampang lagi untuk dibodoh-bodohin. Mereka tidak mau lagi terlena dengan 'angin surga'. Mereka melihat bukti bukan janji. Mudah-mudahan tahun ini para caleg-nya berkulitas semua, sehingga jumlah golput tidak meningkat.

Lalu bagaimana dengan saya? Hehe..saya kurang lebih sama dengan Danny Sinaga kekasihnya Ernita (Nita), yang baru ikut Pemilu sekali. Ya, betul sekali. Tahun 2004. Jangan tanya di era Suharto. Saya ngga pernah ikut dagelan pemilu (wong ikut milih ato ngga ikut milih, kita udah tau pemenangnya..dimana serunya? hehe). Bagaimana tahun ini, apakah saya akan ikut Pemilu atau tidak? Maybe..Kita lihat aja nanti.

Vox Populi Vox Dei

image source:robbynovricanus.wordpress.com

Menakutkan : 50 juta pekerja terancam di PHK

jobless

Membaca head-line Kompas hari ini Kamis 29 Januari 2009 bikin dada sesak. Krisis ekonomi global jika tidak segera diatasi akan menyebabkan pemutusan hubungan kerja lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia di tahun 2009 ini. Baca sekali lagi : lima puluh juta. Gila!!. Ini jumlah yang amat sangat guedee. Kita ambil contoh kalo ada pabrik dengan jumlah buruh 50.000, maka ada sekitar 1,000 pabrik yang akan tutup. So scary !!

Hanya 21 % CEO dunia yang optimistis akan keadaan perekonomian dunia. Menurut PwC, pemulihan ekonomi diperkirakan belum terjadi hingga awal 2010.

Ini cuman postingan iseng. Semoga kita bisa menyikapinya tetap dengan positip. Mau ngasih komen juga boleh, mau ngga komen juga boleh.

"Every cloud has a silver lining"
image source : www.chaosbydesign.com

Posting artikel itu "everyday" atau "regular"?
handwritting

Seberapa seringkah kita harus posting artikel di blog kita? "Everyday" atau "regular"? Saya setuju bahwa membuat artikel/postingan baru adalah "tugas" yang biasa dilakukan oleh bloggerwan/wati untuk 'feeding' blognya, apalagi yang sudah punya blog yang bagus, seperti blog ini (hehehe). Tapi, kadang-kadang, beberapa teman blogger seringkali salah mengartikan atau mencampur adukkan istilah "regular" dengan "everyday".

"Everyday" dapat diartikan sebagai "regular" tapi "regular" tidak berarti harus setiap hari.

Konsepsi yang salah antara "regular" dan "everyday" ini sering kali dilakukan oleh beberapa blogger dan memaksa dirinya untuk membuat postingan/artikel baru setiap hari hanya supaya blognya ada isinya. Ngga kosong gitu. Sebetulnya ada bagusnya kalau bisa posting tiap hari kalau si pemilik blog ini punya waktu dan "fresh idea" untuk melakukan itu. Tapi jika ini dilakukan seperti mengejar 'dead-line" atau "ngejar setoran", maka ada satu hal yang patut dikhawatirkan yaitu : kualitas konten (quality content).

Contohnya gini, misalnya Mr. B pulang kerja larut malam dan harus drop 300 entrecard, trus dia liat blognya, postingan terakhirnya adalah 4 hari yang lalu. Mr. B ini lalu berpikir, "Kira-kira apa ya tanggapan pembaca blog-ku karna aku tidak punya postingan yang baru tiap hari?". Lalu karna merasa 'harus' membuat postingan, walaupun badan dan pikirannya sudah capek, dia tetap bikin postingan baru. Hasilnya, mungkin aja (mungkin lho) postingannya memiliki kualitas yang jelek.

Kira-kira apa yang salah dari analisa Mr. B di atas? Yang salah kira-kira begini, dia tidak berpikir bahwa pembacanya sebetulnya tidak memaksa Mr. B untuk membuat postingan baru sedemikian seringnya atau bahkan tiap hari. Tidak ada yang memaksa dia. Wong itu blog dia koq. Bahkan mungkin pembacanya berpikir: "lebih baik aku baca 2 artikel yang bagus seminggu sekali daripada baca tujuh artikel yang tak "bernyawa" tiap hari di waktu yang sama.

Jadi jangan khawatir kalau emang tidak ada yang mau diposting tiap hari. Jika kita tidak dalam kondisi yang ideal untuk posting, maka lakukan hal yang lain. Misal blog-walking, blog-jogging, blog-jumping sambil guling-guling asalkan jangan terkencing-kencing. Atau bahkan lakukan blog-ngesot kalo koneksi internetnya lagi lelet dot com. Tapiiiii jangan pula biarkan blog kosong tanpa postingan baru, apalagi postingan terakhir sudah 2 minggu usianya (kecuali lagi hiatus atau emang mau menghilang dari dunia maya). Tapi - tapi lagi nih - kalo sobat punya talenta, ide, kondisi dan waktu yang cukup untuk membuat postingan yang bagus tiap hari, lakukan-lah nak..hehe. Saya pribadi, belum sanggup untuk membuat postingan tiap hari apalagi dengan kualitas yang bagus. Contohnya ya postingan yang saya bikin ini. Jauh dari bermutu (yang setuju akan saya pentung Open-mouthed).

Jika tidak ada artikel yang bagus untuk diposting, maka saya tidak akan posting. Itu menurut saya lho.

Image : www.fldom.org

Sepakbola is Football or Soccer ?
football

Siapa yang tidak tau sepakbola. Mungkin ini adalah olahraga yang paling amat terkenal di muka bumi ini, dan juga yang paling banyak pecintanya. Bisa dibilang lebih dari separuh (mungkin malah 2/3) dari jumlah penduduk planet bumi suka sama olahraga ini. Walaupun bagi sebagian orang sering menanyakan kenapa sih 22 orang orang mau ber-wara-wiri di lapangan hijau hanya mengejar satu (sekali lagi SATU) buah bola. Kenapa ngga di bagiin aja 22 bola biar masing-masing punya bola sendiri (kalo dipikir-pikir sih pemain sepak bola laki-laki emang udah punya 'bola' sendiri..hehe).

Saya juga punya pertanyaan kenapa ya di negaranya Om Obama, sepakbola disebut Soccer bukan yang umum digunakan yaitu Football. Apakah mungkin alasannya ada di gambar berikut ini, sehingga di Amerika disebut Soccer (yang jika diucapkan kadang-kadang bisa jadi sucker). Siapa tau..iya ngga.  Oya, untuk info bagi para sobat blogger, saya ini fans-nya MU. Glory..Glory MANU!

soccer blow2

Next Time You Think Life is Hard...Think Again!
Nick Vujicic

Sharing is Caring...

My name is Nick Vujicic, and I was born without limbs and doctors have no medical explanation for this birth 'defect'. As you can imagine, I was faced with many challenges and obstacles. Their firstborn son had been born without limbs!
There were no warnings or time to prepare themselves for it...
The doctors were shocked and had no answers at all!
There is still no medical reason why this had happened and Nick now has a Brother and Sister who were born just like any other baby.

I know that there is no such thing as luck, chance or coincidence that these 'bad' things happen in our life. I had complete peace knowing that God won't let anything happen to us in our life unless God has a good purpose for it all.

I am now twenty-three years old and have completed a Bachelor of Commerce majoring in Financial Planningand Accounting. I am also a motivational speaker  and love to go out and share my story and testimony wherever opportunities become available. I have developed talks to relate to and encourage students through topics that challenge today's teenagers. I am also a speaker in the corporate sector.

Nick Vujicic2

I have a passion for reaching out to youth and keep myself available for whatever God wants me to do, and wherever He leads, I follow. Writing several best-selling books has been one of my dreams and I hope to finish writing my first by the end of the year.

It will be called 'No Arms, No Legs, and No Worries!'

Nick Vujicic3 Nick Vujicic4

I believe that if you have the desire and passion to do something, and if it's God's will, you will achieve it in good time. As humans, we continually put limits on ourselves for no reason at all!  What's worse is putting limits on God who can do all things.

We put God in a 'box'.

The awesome thing about the Power of God, is that if we want to do something for God, instead of focusing on our capability, concentrate on our availability for we know that it is God through us and we can't do anything without God.

Once we make ourselves available for God's work, guess whose capabilities we rely on? God's!

Nick Vujicic5

Kenapa saya mengganti ShoutMix ke cbox
Shoutbox

Saya sudah lama menggunakan ShoutMix untuk urusan bertegur sapa dan saling teriak dengan para sobat/teman bloger lain. Mungkin sudah dari jaman kerajaan Majapahit (lho di jaman ini Patih Gajahmada udah nge-blog lho..hehe). Kenapa saya menggunakan ShoutMix, mungkin karna di awal saya nge-blog saya tau cuman ShoutMix, selain itu mungkin karna ada kemiripan nama dengan ShoutBox .... ShoutMix..kan beti..beda tipis.

Tapiii..akhirnya saya pindah ke lain hati. Artinya saya pindah ke cbox dengan alasan : saya sempat mampir ke beberapa blog yang menginformasikan sedikit celah di ShoutMix yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan kegiatan tegur sapa alias kunjungan sambil teriak.

Celah apakah itu?

Celah yang dimaksud adalah, si bloggerwan/bloggerwati/visitor sepertinya masuk ke blog kita dan membalas shout kita, padahal sebenarnya tidak. Jadi mereka hanya masuk ke shoutmix kita saja atawa kalo bisa dibilang masuk dari pintu belakang/back door. Yang empunya blog akan merasa senang, karena berpikir shoutmix-nya penuh dengan shout/teriakan (misal ada 100 shout/hari), padahal mungkin yang benar-benar masuk dari pintu depan cuman 30 atawa 40. Jadi bisa dibilang kita tidak mendapatkan traffic yang sebenarnya.

Lho koq bisa. Bisa. Inilah yang dimaksud dengan celah tadi. Coba perhatikan kotak ShoutMix anda (bagi yang menggunakan ShoutMix). Di pojok kanan atas ada lambang Omega. Klik kanan pilih Copy link location. Lalu paste di address bar di browser. Hapus kata "=admin" di akhir link. Lalu enter.

Contohnya user blablabla :  http://www5.shoutmix.com/?blablabla=admin [hapus =admin]

paste http://www5.shoutmix.com/?blablabla di browser, lalu enter.

Akan muncul jendela ShoutMix. Dan jika kita mengetikkan shout/pesan kita di situ, maka pesan/shout kita akan muncul di ShoutMix di blog si blablabla tanpa kita masuk ke blog si blablabla. Praktis, cepet, tapi agak sedikit curang ya?

Proses munculnya kotak ShoutMix dengan cara di atas kurang lebih 1 detik. Jadi kalau kita mau mampir ke 200 blog dalam tempo yang sesingkat-singkatnya dengan cara diatas, mungkin satu jam beres tuh..hehe.

Tapiiiii..saya yakin para pengunjung blog ini tidak ada yang menggunakan back door, karna saya yakin para sobat bloggerwan/wati masih menghargai kejujuran (entah itu jujur kacang ijo atau jujur ketan item...hehe)

Biarpun demikian, untuk sementara ini saya menggunakan cbox, untuk mencegah para pengunjung gelap masuk via back door. Katanya sih cbox bisa juga ditembus, tapi caranya agak sedikit sulit.

Oya, postingan ini tidak menganjurkan para sobat yang menggunakan ShoutMix, untuk sesegera mungkin me-remove ShoutMixnya ya..Tidak. Pillihan tetap di tangan sobat sekalian. Mau ikut Pemilu atau mo nyoblos atau malah Golput adalah hak anda. Lho..koq jadi Golput..Smile

Thanks untuk Mas Seno yang sudah membagi artikelnya.

Empeng alias Pacifier model terbaru
A pacifier

Tau empeng kan? Itu lho yang buat bayi. Empeng alias pacifier alias binky bagi kebanyakan orang masih menimbulkan kontroversi. Apakah bermanfaat bagi bayi atau tidak. Apakah akan menyebabkan perubahan bentuk rahang atas bayi dan akan mempengaruhi penampilan/bentuk wajah, fungsi pengunyahan dan gangguan pada sendi mandibula (dekat telinga) atau tidak. Saya tidak tau. Karna saya memang bukan ahlinya. Biar yang ahli yang menjawab.

Mau tau model empeng alias pacifier terbaru. Monggo dilihat. Bagi yang udah pernah lihat skip aja ya.

1 2 3

4 5 6

Reblog this post [with Zemanta]
Peace...Peace..Peace...on Palestine

Saya tidak suka perang. Apapun alasannya Israel menyerang Palestina, apakah itu ada hubungannya dengan harga minyak, jual-beli senjata, menaikkan citra pemimpin Israel menjelang Pemilu di bulan Februari 2009, dan lain sebagainya. Saya tetap tidak suka perang. Terlebih-lebih jika yang menjadi korban adalah warga sipil, anak-anak dan perempuan. Kekerasaan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Selalu akan lahir kekerasan baru. Semoga perang di Palestina bisa cepat usai. Semoga damai-lah yang mendekap Palestina bukan peluru dan mesiu.

Let it be Peace on Palestine

Monyet dan merpati
image source: http://holy-cuteness.blogspot.com/

Finally...my entrecard was deleted

delete icon

Akhirnya...datang juga...hahahaha..lho apanya yang datang juga? Iya..akhirnya account entrecard di blog ini di delete. Hari Rabu 7-Jan-2009, dapat surat 'cinta' dari mas entrecard. Isinya sebagai berikut.

Your account 'Small Note - Budiawan Hutasoit' on entrecard.com has been deleted. The administrator gave the following reason:
Your blog is not in English as required by the Entrecard TOS. http://entrecard.com/docs/doku.php?id=blog_quality_standards
Please contact deleted@entrecard.com if you have any questions regarding this action.
Please include the following:
User ID: ******

Apakah saya marah dan protes? Ngga-lah. I just 'test the water'. Wong udah tau di TOS-nya tercantum blog non-English ngga boleh koq ya ngeyel. Cuman sedikit 'miris' aja..Koq bahasa Indonesia masih belum diperhitungkan oleh entrecard. Padahal digunakan lebih dari 200 juta orang (yang jumlah ini jauuuuuhh melebihi jumlah penduduk Inggris). Apalagi jika ditambah dengan bahasa Melayu yang digunakan oleh sodara serumpun kita Malaysia. Saya rasa entrecard salah dalam menilai potensi bahasa dan blogger Indonesia. Betul tidak? Atau bisa jadi ini merupakan peluang bagi blogger Indonesia untuk membuat entrecard ala Indonesia yang bukan ala kadarnya. Siapa tau kan?

Oya, blog yang satunya yang dalam bahasa Inggris sejauh ini masih aman-aman aja.

Image source : www.istockphoto.com

Most Sought Webite and News of 2008
Image representing Google as depicted in Crunc...

Tahun 2008 sudah berlalu beberapa hari. Kira-kira situs dan berita apa ya yang paling dicari oleh manusia yang tinggal di planet bumi ini di tahun 2008? Setelah melakukan penelitian yang mendalam dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (lho..koq kayak teks proklamasi ya), maka didapatkan-lah situs dan berita yang paling dicari di tahun 2008 adalah BLOG SAYA INI. Gubrakksss..Ngga salah?? Wah ngga percaya ya, kalo blog saya ini adalah yang paling dicari orang di tahun 2008. Emang. Anda layak tidak percaya. Karna ngga mungkin-lah blog ini dicari-cari orang. Kalo saya dicari-cari karna banyak utang, mungkin aja..hehe.

Jadi situs dan berita apa dong yang paling dicari di tahun 2008.

Berdasarkan riset dari Firma Skoda, maka ada beberapa website yang paling dicari dan menjadi sumber utama user di seluruh dunia. Sehingga karena keunikannya, website-website ini menjadi tempat beriklan berbagai perusahaan besar.

1. Google.

Ya..Google menduduki peringkat paling atas. Lebih dari sekedar situs pencari, Google menjadi patokan perkembangangan teknologi situs di dunia. Banyak layanan yang ditawarkan oleh Google, seperti Google Docs, Google Earth, Friend Connect dan lain-lain. Bagi para pencari dollar tentu sudah tidak asing lagi dengan Google Adsense kan.

2. Flickr.com

Banyak situs yang menawarkan layanan foto, datang lalu 'mati'. Tapi yang bertahan dan sukses adalah Flickr. Layanan yang diberikan situs ini adalah mengelola koleksi foto, editing foto melalui Picnic dan layanan gratis untuk mengupload foto hingga 100 MB.

3. Facebook.com

Walaupun situs jejaring sosial myspace.com memiliki lebih banyak user, namun Facebook membuat lebih mudah dalam mencari orang dan berhasil memikat hati para profesional dan yang berumur di atas 30 tahun. Situs ini memiliki lebih dari 30 ribu aplikasi add on.

Situs lainnya adalah Craiglist (situs iklan mini  tapi memiliki nilai bisnis hingga US$ 15 miliar), lalu wikipedia.org (ensiklopedia online paling diandalkan di web), juga situs olahraga, ESPN.com serta Yahoo! Finance.

Itu tadi mengenai situs yang paling dicari selama tahun 2008, lalu berita apa yang paling banyak dicari selama tahun 2008? Apakah berita mengenai cowo-cowo terganteng dan...terkaya?? Rasanya tidak.

Informasi berita yang paling dicari adalah mengenai :

1. Barrack Obama

Ya, si Mas Barrack Obama ini menjadi berita yang paling dicari di tahun 2008. Setidaknya itu hasil yang diberitakan oleh The Associated Press. Bahkan saya ada posting mengenai mas Obama. Ada di sini, di sini dan di sini. Ngga percaya? Coba aja di klik.

2. Berita mengenai jatuhnya perekonomian Amerika Serikat, yang dimulai dari Tragedi Lehman Brother sehingga menyeret dunia masuk ke dalam pusaran krisis ekonomi global.

3. Jatuhnya harga minyak mentah, dari US$ 150 per barel di Juli 2008 anjlok menjadi US$ 33 di Desember 2008.

Setelah itu adalah berita mengenai Perang Irak, lalu Olimpiade Beijing serta Gempa di Propinsi Sichuan, China yang menewaskan 70.000 orang.

Well, tampaknya berita mengenai Indonesia memang tak menarik bagi warga dunia. Mungkin tahun ini Indonesia bakal menjadi sorotan dunia dengan Pemilu-nya. Karena diperkirakan pemenangnya adalah Golput (Golongan Putih=yang tidak memilih, baik secara sadar maupun tidak), hehe..

Entrecard : a great way of improving traffic flow on your blog
entrecard-logo

Entrecard? Kartu Entre? Apa-an tuh..Ada hubungannya dengan kartu domino/gaple ngga? atau kartu remi? Ya jelas ngga ada. Nah bagi yang pengen tau sebentar akan saya cuba untuk memberikan informasinya. Bagi yang sudah tau dan bahkan sudah menjadi Master Dropper, bolehlah tambah-tambahkan informasinya.

Menurut buku primbon yang saya baca maka EntreCard adalah a blogging network yang merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan arus traffic ke blog kita. Atau juga : known as most favorite advertise website for blogger to maximize their popularity. Caranya dengan menge-drop virtual "bussines cards" / entrecard kita di blog yang sudah menjadi member dari EntreCard. Nantinya si empunya blog yang sudah kita droppin' entrecard kita, juga akan menge-drop ec-nya di blog kita. Jadi bisa dibilang entrecard ini semacam shoutbox tanpa shout.

Di EntreCard digunakan currency yang biasanya disebut Entrecard Credit (disingkat EC). Pada saat kita dropping entrecard kita di blog teman, maka kita mendapatkan credit yang nilai-nya 1 per drop. Lalu apa gunanya credit ini. Salah satunya adalah pada saat kita akan mengiklankan blog kita. Untuk itu dibutuhkan sejumlah credit yang disyaratkan oleh si empunya blog untuk beriklan di blog dia. Dengan semakin banyak beriklan maka kemungkinan blog kita terlihat dan semakin populer semakin besar. Hal ini sangat menguntungkan, apalagi bagi para sobat yang sudah mulai akan 'monetize your blog'.

Apakah menggunakan EntreCard ini harus bayar? No. Your Entrecard account is free and instant!.

Ini ada beberap tips yang saya kumpulkan dari beberapa Master Dropper dan juga sedikit pengalaman dari saya mengenai EntreCard:

1. Sebelum mendaftar cobalah bikin banner ad (125x125px) yang "striking and effectively depict your blog's theme". Banner ini akan menjadi 'wakil' anda di jaringan EntreCard.

2. Lalu sign up di http://entrecard.com/ . Isi semua data yang dibutuhkan di sana, seperti Title dari blog kita, ,URL, Category, serta description. Ganti banner standar dengan banner yang sudah kita bikin.

3. Lalu Get Code EntreCard kita dan tempatkan di blog kita (biasanya di side bar). Beberapa orang menyarankan untuk menempatkan kartu EntreCard kita di "guite high up on your page". Saya prbadi lebih memilih untuk menempatkan widget-nya di bagian tengah. Jangan tempatkan di bagian bawah, apalagi blog kita termasuk 'berat' pada saat di browse. Ada

4. Jika kita menggunakan Firefox sebagai browser kita, maka disarankan untuk menggunakan EntreCard Toolbar for Firefox. Bisa download di sini.

Lalu bagaimana caranya?

entrecard

1. Mulailah nge-drop kartu Entrecard kita di pengguna Entrecard lainnya (Free!). Mencari pengguna EntreCard, bisa dimulai dari tab Campaign di panel web EntreCard. Lalu pilih kategori yang kita inginkan. Klik banner pengguna, dan cari widget Entrecard di blog tersebut. Kemudian klik tulisan 'Drop' , tunggu sampai berganti menjadi Thanks (catatan, tulisan Thanks ini, akan berganti menjadi misalnya Go Go!, Wicked, Awesome, dll, setelah ec yang kita drop bertambah dari 50 ke 100, 200, dan seterusnya. Jadi tidak hanya tulisan Thanks saja).

2. Jumlah maksimum EC yang bisa kita drop adalah 300 per hari (tidak bisa lebih, walaupun kita punya waktu dan tenaga untuk nge-drop lebih dari 300 ec..hehe). Untuk tahap awal kita perlu aktif untuk meng-drop ec agar kita mendapatkan credit.

3. Misalnya kita bisa nge-drop 300 ec hari ini, maka keesokan harinya jam 12.00 maka jumlah ec yg kita drop akan kembali menjadi 0 (ada di bagian kanan atas panel account entrecard kita). Bukan nilai credit ec yang nol..tapi jumlah ec yang kita drop. Artinya, kita bisa kembali untuk meng-drop ec.

4. Biasanya setelah kita nge-drop ec, maka kita bisa menemukan orang yang nge-drop ec di blog kita di 'Drop Inbox' di panel EntreCard kita. Nantinya jumlah yang nge-drop akan tercantum per tanggal. Misal tanggal 2 Januari kita menerima 100 ec di inbox kita, demikian juga untuk tanggal selanjutnya. Drop a card on everyone that dropped a card on you.  Ini salah satu contoh jumlah yang nge-drop ec-nya di blog saya (yang bahasa inggris). Bar yang terakhir sekitar 314.

statistik1

5. Jika kita posting artikel maka kita juga mendapatkan credit sebesar 25.

6. Setelah nilai credit kita semakin besar, maka kita bisa mulai untuk ber-iklan. Artinya banner kita akan terlihat di blog yang kita pasang iklan. Contoh widget entrecard di blog ini adalah blog yang memasang iklan di entrecard saya. Pada saat kita ber-iklan, maka nilai credit kita akan dipotong sejumlah nilai iklannya. Contoh, untuk beriklan di blog si A dibutuhkan 64 ec, maka credit kita akan dipotong sebesar 64.

7. Beriklan-lah di 'cheap and "popular user entrecard" untuk mendapatkan high quality traffic niche.

Berikut ini saya kutip artikel dari salah satu blog berapa visitor yang didapatkan daily dengan EC.

Calculate how many free traffic you can get daily.

300 credit to advertise on other blog = 8 credit per blog equal to 37 ads you placed.

37 ads you placed can generate 4-10 click = 370 visitor to your blog.

300 active Entrecard user drop on your card = 300 free traffic daily.

Total traffic per daily you can get from Entrecard is 370 + 300 = 670 visitor daily.

It’s easy, it’s simple, try now and get high quality traffic for your blog today. Happy blogging.

Lumayan besar ya..670 visitor daily. Kalikan sebulan? Suit...suit...

Tapi.......ada tapinya lho...Sampai artikel ini naik cetak, EntreCard belum menerima blog dalam bahasa Indonesia. Trus, koq blog ini ada widget entrecardnya? Entah kenapa blog ini bisa lolos. Tapi saya yakin dan ikhlas (hiks..hiks) satu hari nanti pasti akan di delete (seperti yang sudah dialami oleh beberapa teman kita yang memiliki blog dalam bahasa Indonesia).

Trus kenapa juga mau cape-cape daftar kalau nantinya tau akan didelete? Hmm..saya pengen nunjukkin ke pemilik entrecard bahwa seharusnya mereka sudah mulai menerima blog berbahasa Indonesia karna jumlah pengguna internet/blogger di Indonesia ini cukup banyak. Akan sangat rugi kalau mereka masih menutup 'hatinya' untuk blog berbahasa Indonesia. Om Google aja sudah mulai mempertimbangkan menerima adsense di blog berbahasa Indonesia. Dimulai dari Google Translate yang sudah ada bahasa Indonesianya. Itu tanda-tandanya. Betul tidak..Betul!

Mengenai yang lain-lainnya dari EntreCard bisa langsung coba elaborasi dari sitenya, karna tidak mungkin saya posting di sini semua. Disamping postingan ini akan terlalu panjang dan membuat reader/visitor malas untuk membacanya....saya juga rada-rada malas bikin postingan yang panjang-panjang. Cape lagi..hahahaha.

Happy Blogging.